Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, esok atau Minggu (19/10).

"Dari jadwal yang sudah pasti, PM Singapura Lee Hsien Loon akan mendarat Minggu sore, sedangkan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak pada Minggu malam," kata Manajer Humas dan Protokol Bandara Internasional Soekarno Hatta Yudis Tiawan kepada Antara News, Sabtu.

PM Singapura dan Presiden Timor Leste adalah dua dari sejumlah kepala negara dan utusan negara sahabat yang berencana menghadiri Sidang Paripurna MPR RI untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Senin (20/10).

Yudis mengatakan rangkaian jadwal kedatangan para tamu negara tersebut, baru dimulai Minggu (19/10) dan belum ada yang dijadwalkan tiba hari ini.

Ia tidak bersedia memberikan informasi terinci mengenai siapa-siapa saja yang mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

"Setahu saya tidak semuanya mendarat di Soekarno Hatta, ada juga yang menuju Bandara Halim Perdanakusuma," katanya.

Selain PM Lee Hsion Loong dan Presiden Tuar Matan Ruak, sejumlah kepala negara sahabat lain juga menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, seperti Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Malaysia Dato' Sri Mohd Najib bin Tun Razak dan PM Haiti Laurent Salvador Lamonthe.

Kemudian sejumlah utusan setingkat menteri negara-negara sahabat di kawasan Asia dan Oseania juga dijadwalkan turut hadir seperti Wakil PM Thailand Tanasak Patimapragorn, Gubernur Jenderal Papua Nugini Michael Ogjio, Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully, Wakil Ketua Parlemen Tiongkok Yan Junqi, Kepala Kantor Pemerintah Vietnam Vu Duc Ndu serta Utusan Khusus Korea Selatan Kim Tae-whan dan Ham Jin-kyu.

Dari kawasan Amerika dan Eropa akan diwakili oleh Menteri Luar Negeir AS John Kerry, Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, Menteri Perindustrian Rusia Denis Valentinovich dan Utusan Khusus Belanda Dr Tjeek Willink.





Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014