London (ANTARA News) - Pelatih Arsenal Arsene Wenger ingin memboyong Lionel Messi, Cesc Fabregas, dan Gerard Pique ke klub lebih dari 10 tahun lalu.

Seorang jurnalis Spanyol dan penyiar Guillem Balague menulis dalam buku terbarunya 'Messi' bahwa The Gunners telah mengidentifikasi ketiganya memiliki potensi besar, meski hanya Fabregegas yang akhirnya pindah ke klub London Utara itu.

"Itu semua berawal dari sebuah pertandingan di Lloret de Mar melawan Parma. Pada hari itu Pique tidak bermain, tetapi sisa skuat bermain yang memenangkan pertandingan itu," kata Balague.

"Perwakilan Arsenal di Spanyol, Francis Cagigao tercengang. Dia menyaksikan sesuatu yang sangat berbeda, luar biasa, yaitu kontrol Cesc dan bakat Leo."

"Dia menghabiskan hari itu, dan banyak lagi, tanpa hasil mencari agen pemain Argentina itu. Kemudian dia kembali untuk turnamen MIC saat Easter," katanya.

Ia menimpali, "Sementara Barcelona berjuang melawan rival barunya, Cagigao berbicara di telepon 'Kalau saja saya bisa menemukan seseorang yang bekerja dengan pemuda Argentina'."

"Ketika dia meletakan telepon salah satu perwakilan Leo di Spanyol, Horacio Gaggioli, yang mendengar percakapan itu, menghampirinya. 'Saya yakin Anda mencari saya'."

"Malam itu Francis (Cagigao) makan malam dengan agen dan menunjukkan ketertarikannya pada Messi, ketertarikan itu memuncuk dengan sebuah penawaran yang diserahkan kepada ayah Messi, Jorge," katanya.

"Sejak saat itu, komunikasi antara Arsenal dan keluarga Messi terbuka, selain itu Cesc dan Pique juga menjadi target," kata Balague.

Pique yang sejak pergi untuk memenangkan pertandingan untuk klub dan penghargaan internasional, pindah ke Manchester United.

"Pique pergi ke London untuk melihat fasilitas latihan Arsenal, segalanya telah disetujui dan dikonfirmasi, hanya permasalahan hukum untuk menunda proses karena dia tidak cukup untuk umur untuk menandatanginya," katanya.

Ia menimpali, "Arsenal menyarankan mereka harus membuat perjanjian verbal yang akan dikonfirmasi dalam satu tahun, ketika dia berumur 16, perjanjian yang sama yang dilakukannya untuk Cesc."

"Pique, bagaimanapun, atau tepatnya agennya mengatakan tidak," tambahnya lagi seperti dikutip di football-espana.net.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014