Berlin (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Bundesliga Bayern Munchen mencetak kemenangan kelima berturut-turut Sabtu malam tadi saat pemain asal Spanyol Xabi Alonso menjaringkan gol pertamanya di Bundesliga untuk membawa timnya menang 6-0 atas Werder Bremen.

Ini adalah laga pemanasan Bayern menjelang pertandingan Liga Champions Rabu dini hari WIB nanti melawan Roma dengan memperkuat cengkeraman di puncak klasemen dengan selisih empat dan melesatkan perbedaan gol dengan pesaing terdekat menjadi 19 gol ketika kapten timnas Jerman Philipp Lahm dan Mario Goetze masing-masing memasukkan dua gol.

"Orang bilang adalah sulit kembali ke jalurnya setelah jeda internasional, namun kami telah bermain bagus, bagus dalam menempatkan diri dan bagus dalam membangun serangan," kata pelatih Bayern Pep Guardiola.

Lahm mengawali pesta gol ketika dia melepaskan tendangan dari jarak 14 meter pada menit 20 dalam laga di Allianz Arena, Munchen ini.

Alonso, yang bergabung dengan Bayern dari Real Madrid Agustus lalu menjaringkan gol pertamanya bagi klub barunya ketika dia mengeksekusi tendangan bebas yang menembus pagar betis Bremen pada menit 27.

Thomas Mueller mengubah keadaan menjadi 3-0 ketika dia mengonversi satu tendangan penalti setelah dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Bremen Sebastian Proedl pada dua menit sebelum babak pertama usai.

Goetze lalu mengubah kedudukan menjadi 4-0 pada babak kedua ketika dia melewati bek asal Kongo Assani Lukimya.

Lahm dan Goetze masing-masing menambahkan satu gol pada 20 menit terakhir pertandingan sehingga Bremen terpental ke dasar klasemen.

Karena Hoffenheim baru akan bertandingan melawan Hamburg Minggu malam nanti, Borussia Moenchengladbach naik ke peringkat dua berkat kemenangan 3-0 dari Hanover 96 saat pemain timnas Jerman Max Kruse mencetak dua gol dan gelandang Swiss Granit Xhaka mencetak satunya lagi dari tendangan bebas.

Dortmund kalah lagi

Sebaliknya, derita Borussia Dortmund di musim ini berlanjut ketika mereka dihempaskan 1-2 oleh Cologne sehingga klub ini melalui lima laga Bundesliga tanpa menang dan ini adalah kekalahan ketiga kali berturut-turu, padahal Kamis dini hari WIB nanti akan menjalani pertandingan Liga Champions melawan Galatasaray.

"Kami memainkan pola bermain sepak bola yang sama sekali tidak masuk akal," cerca pelatih Dortmund Jurgen Klopp.

Gelandang timnas Jerman Ilkay Gundogan yang absen selama lebih dari setahun dan Marco Reus yang baru saja kembali dari cedera, tampil tak berdaya dalam menghentikan Cologne untuk memimpin 1-0 berkat gol gelandang Kevin Vogt pada menit 40.

Striker Dortmund asal Italia Ciro Immobile memang menyamakan kedudukan, namun Simon Zoller memastikan kemenangan tim tamu pada menit 74 yang juga merupakan kemenangan pertama mereka dari Borussia sejak 2003.

Hasil ini membuat Dortmund terlunta-lunta di posisi 14 klasemen Bundesliga, hanya dua poin di atas dasar klasemen, sedangkan Cologne bercokol pada posisi 10.

Bayer Leverkusen yang akan menjamu Zenit St Petersburg dalam laga Liga Champions Kamis dini hari mendatang, ditahan seri 3-3 oleh VfB
Stuttgart.

Andaikan Leverkusen menang maka klub ini naik ke posisi tiga, namun seri malah menjerembabkan tim ini ke urutan enam klasemen Bundesliga.

"Anda boleh saksikan bahwa para pesepakbola ini masihlah muda dan tidak banyak pengalaman," kata pelatih Leverkusen Roger Schmidt yang baru musim ini menukangi klub tersebut.

Leverkusen langsung memimpin 2-0 hanya dalam kurun sembilan menit ketika pemain Korea Selatan Son Heung-Min mencetak dua gol dan nyaris membua trigol sebelas menit kemudian ketika lobnya membentur tiang gawang.

Pemain Jerman Karim Bellarabi mengubah kedudukan menjadi 3-0 sebelum istirahat babak pertama usai megonversi umpan Son.

Namun Stuttgart bangkit ketika gelandang Timo Werner dan bek kiri Florian Klein mencetak gol pada babak kedua sebelum Martin Harnik membawa Stuttgart menyamakan kedudukan pada menit 76.

VfL Wolfsburg naik ke peringkat tiga setelah menang 2-1 dari Freiburg ketika gelandang Daniel Caligiuri mencetak dua gol untuk klub lamanya itu, sedangkan Mainz ke peringkat empat usai menang 2-1 dari tim tamu Augsburg.

Mantan manajer Chelsea Roberto di Matteo membuat debut pertamanya bersama Schalke 04 ketika Royal Blues yang menempati peringkat 12 akan menghadapi Hertha Berlin dalam pertempuran di papan tengah, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014