Paris (ANTARA News) - Monaco melanjutkan kebangkitannya dan menguatkan pijakan menjelang laga Liga Champions melawan Benfica pekan depan setelah menang 2-0 dari Evian pada Ligue 1 Minggu dini hari ini.

Di bawah pelatih Leonardo Jardim, runner up musim lalu itu mencatat kemenangan keempat dalam sepuluh laga perdananya untuk melangkah tiga poin ke tiga besar.

Marseille bisa memperbesar selisih poinnya menjadi empat dari Paris Saint-Germain jika menang dari Toulouse Senin dini hari nanti setelah juara liga yang diasuh Laurent Blanc menang 3-1 dari Lens sehari sebelumnya.

Saint-Etienne kini melampaui Bordeaux di posisi ketiga karena menang selisih gol setelah menang tipis 1-0 dari Lorient.

Gelandang timnas Portugal Joao Moutinho mengawali kemenangan Monaco dari titik penalti pada media kedua dan digandakan oleh Yannick Ferreira-Carrasco.

Pada pertandingan lain, Guingamp yang harus bermain dengan sepuluh orang malah menang 2-1 dari Lille.

Guingamp sudah unggul 2-0 sejak babak pertama berkat dua gol dari Claudio Beauvue dan Ronnie Schwartz, sedangkan satu gol balasan Lille baru tercetak pada 12 menit menjelang usai, dari Riu Mavuba.  Kendati bek Benjamin Brou Angoua diusir ke luar lapangan, Lille tak mampu memanfaatkan kelebihan satu pemain.

Nantes memimpin lebih dulu 1-0 saat menghadapi Reims ketika Johan Audel menciptakan gol pada menit 13, namun disamakan melalui tendangan bebas Diego untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Hasil ini membuat Nantes menempati urutan lima klasemen.

"Memalukan kami membiarkan disamakan dari set-piece tapi kami memang menderita malam ini," kata pelatih Nantes Michel Der Zakarian.

Di Cote d'Azur, Claude Makelele, mantan asisten pelatih Blanc di PSG, menyaksikan timnya Bastia memimpin pada menit keenam babak kedua saat melawan Nice ketika Floyd Ayite mencetak gol.

Sementara itu Metz dan Rennes bermain seri 0-0, sedangkan Saint-Etienne kembali ke jalur kemenangan setelah dua kali menderita kekalahan dan dua seri pada empat laga terakhirnya, dengan menang satu gol dari Lorient.

Gelandang Fabien Lemoine menjadi pahlawan untuk tim asuhan Christophe Galtie ini dengan mencetak gol pada menit 87.

Kemenangan itu membawa Saint-Etienne menempati urutan tiga klasemen, sedangkan bagi Lorient ini adalah kekalahan keenamnya dalam sepuluh pertandingan yang membuatnya terkunci di tiga terbawah.

Pada Minggu pemuncak klasemen Marseille berkesempatan merenggangkan lagi perbedaan poinnya di puncak klasemen saat menjamu tim papan tengah Toulouse, sedangkan Bordeaux akan menghadapi Caen yang terancam degradsi, dan Montpellier akan melawat ke Lyon pada laga terakhir di akhir pekan ini, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014