Tanjung Batu, Belitung (ANTARA News) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) (Persero) fokus meningkatkan pelayanan di semua kapal penumpang melalui sejumlah perbaikan bagian kapal dalam waktu dekat ini.

"Kapalnya enggak nambah, yang ditambahkan peningkatan pelayanannya," ujar Direktur utama PT. Pelni (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito di atas KM Lawit rute Pontianak menuju Tanjung Batu, Belitung, Sabtu (18/10).

Dia mengungkapkan, peningkatan pelayanan ini meliputi semua aspek, di antaranya fasilitas kapal yang berhubungan dengan penumpang seperti toilet penumpang dan penyejuk udara.

"Kapal itu (KM Lawit) perlu pertolongan. Hampir tidak ada yang tidak menjadi masalah, mulai dari AC yang tidak siap, toilet, wastafelnya tidak ada, vinyl, gorden," kata dia.

Sehari sebelumnya Wimbo menggelarn sidak ke kapal KM Lawit dengan mengunjungi hampir semua bagian kapal berkapasitas 1.000 orang penumpang itu, di antaranya ruang mesin, kamar penumpang (kelas ekonomi), toilet, serta ruang kemudi di anjungan.

Wimbo berharap peningkatan pelayanan mampu memperbanyak pengalaman berlayar penumpang pengguna kapal Pelni.

Dia berencana menghadirkan sejumlah fasilitas baru di atas kapal, antara lain arena bermain anak, minigym dan bioskop dengan kapasitas lebih besar dan harga terjangkau.

"Experience-nya yang saja ingin kejar, supaya penumpang bisa merasakan betul bedanya naik kapal dengan feri atau speedboat. Memang enggak mudah dan lama," kata dia.

KM Lawit merupakan satu dari 25 kapal penumpang milik Pelni yang melayani rute Tanjung Priok-Tanjung Pandan/Tanjung Batu-Pontianak-Semarang-Surabaya- Pontianak-Tanjung Pandan/Tanjung Batu-Tanjung Priok.

Wimbo mengatakan kapal ini akan digunakan Pelni untuk mempromosikan destinasi wisata Bahari di Belitung.





Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014