Jakarta (ANTARA News) - Tidak banyak yang tahu bahwa Wakil Presiden Boediono yang esok bakal mengakhiri pelayanannya sebagai salah satu nakhoda Republik Indonesia di Gedung MPR, Jakarta, adalah penyuka soto.

Sampai-sampai sebuah warung soto di Blitar di Jawa Timur yang sering dia kunjungi bersama sang istri, Herawati, dinamai dengan namanya, "Warung Soto Boediono".

"Ibu Boediono bilang bahwa dia makan bersama Pak Boed di warung soto itu," kata Tini Kreeft, tetangga sekaligus ibu dari Ketua RT di mana Boediono dan keluarga tinggal di Kompleks Bapenas, Mampang, Jakarta Selatan.

Suatu waktu, Tini pergi ke Blitar dan mendapati warung soto yang ramai dikunjungi pembeli itu.

Dia mengira warung soto itu dimiliki tetangganya, yang juga Wapres RI tersebut, karena ada tulisan "Boediono" pada label warung itu.

Ternyata, warung soto itu adalah tempat makan kesukaan Boediono dan istri.

"Ada spanduk besar bertuliskan Warung Soto Boediono, ada foto Pak Boed dan ibu juga di dalam," kata Tini.

Tini makin penasaran dan lalu menanyakan soal warung ini kepada Herawati karena dia mengira Boedionolah yang memiliki warung soto yang kabarnya terkenal enak rasanya itu.

Tini mendapatkan jawaban dari Herawati bahwa warung itu bukan milik suaminya.

"Tukang sotonya minta izin untuk menggunakan nama bapak, lalu bapak bilang oh ya boleh saja, silakan," kata Tini menirukan jawaban Herawati.






Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014