Jakarta (ANTARA News) - Esok Senin Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia yang akan dilanjutkan kirab budaya pada hampir sepanjang jalan protokol di jantung ibukota negara, namun para pedagang dan pengusaha seputaran wilayah ini tak berniat meliburkan diri

Sejumlah penyaji makanan cepat saji dan makanan emperan di sekitar Jl. MH Thamrin hingga kawasan dekat Monas mengaku tetap akan berjualan seperti biasa.

"Tetap akan jualan seperti biasa. Saya biasanya berjualan di dekat halte Tosari. Untuk besok, tidak ada persiapan apa-apa," kata Danny yang berdagang cilok dekat Jalan M.H. Thamrin Jakarta Pusat.

"Karena pakai gerobak saya bisa keliling, mungkin akan pindah ke Monas juga, liat besok saja," sambung dia.

Ayah beranak satu itu juga mengaku tidak akan menambah atau mengurangi jualannya.

Begitu pun dengan Senior Sales Association Sevel sekitar jalan M.h. Thamrin, Janual Subastian, yang mengatakan tidak ada persiapan apa pun menjelang acara kirab pascapelantikan yang diprediksi aparat keamanan akan menciptakan kemacetan besar di sekitar daerah ini.

"Tidak ada persiapan apa pun, seperti biasa saja. Karena kami kan tidak bisa menarik pelanggan agar masuk sini," kata Janual. "Tetapi kami siap saja kalau akan banyak orang mampir besok."

Janual mengaku rata-rata kedatangan pengunjung 1.700 orang per hari, namun untuk besok dia mengaku tidak bisa memprediksikannya.

Pusat perbelanjaan besar di Bunderan HI juga tetap akan buka seperti biasa.

"Kami tetap buka seperti biasa. Kami juga belum diberi tahu perihal keamanan besok karena yang kami dengar hanya pengalihan jalan," kata Franz, salah satu pekerja di pusat perbelanjaan Bunderan HI.

"Biasanya pengunjung yang memang berniat berbelanja sepi karena hari Senin, tetapi kalau pengunjung yang hanya lihat-lihat kami tidak bisa prediksi (jumlahnya)," katanya lagi.

Begitu pun dengan salah satu makanan cepat saji di daerah Sabang, Jakarta, yang tetap akan buka 24 jam, padahal daerah ini hanya beberapa meter saja dari situs Konser Salam 3 Jari yang akan diadakan esok hingga malam hari di daerah Monas.

Polisi Lalulintas Polda Metro Jaya akan menutup jalur protokol Jalan Jenderal Sudirman menuju Istana Negara dan arah sebaliknya saat kegiatan "Pawai Akbar Rakyat" yang akan digelar setelah pelantikan Presiden-Wakil Predisen Jokowi-JK pada Senin, (20/10).

"Pengalihan arus situasional antara pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto dua hari lalu.






Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014