Yogyakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golongan Karya Akbar Tandjung menegaskan tetap berada di luar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan berharap duet pemimpin baru tersebut merealisasikan janji-janjinya saat kampanye.

"Secara umum berpegang dari apa yang sudah beliau (Jokowi-JK) janjikan saat kampanye, agar direalisasikan," kata Akbar Tanjung saat menjadi narasumber HUT Emas 50 Tahun Partai Golkar di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, banyak janji yang sudah terucap Jokowi-JK dalam perdebatan-perdebatan saat kampanye, maupun pada pemaparan visi dan misi ketika kampanye calon Presiden dan calon Wakil Presiden. "Janji-janji tersebut yang harus terus kita kawal," katanya.

Ia mengatakan yang kedua pemerintahan Jokowi-JK harus memiliki langkah-langkah serius dalam upaya mensejahterakan masyarakat, terlebih pada 100 hari pertama.

"Kebijakan diambil harus sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan. Dalam 100 hari harus ada langkah yang dilakukan agar memperlihatkan kesungguhan dari janji-janji saat kampanye. Apa saja itu, ya kita lihat, apa sudah betul," katanya.

Akbar mencontohkan, tantangan pemerintahan Jokowi-JK ke depan mengenai subsidi BBM yang cukup besar sehingga memberatkan APBN.

"Bagaimana memanfaatkan ruang yang besar untuk masyarakat, itu yang kita kawal juga," katanya.

(V001/N002)

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014