Makassar (ANTARA News) - Institut Teknologi BJ Habibie di Kota Parepare, Sulsel, yang telah "soft launching" pada medio 2014 siap menerima mahasiswa baru pada 2015.

"Ini setelah tim visitasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia mengunjungi Kota Parepare bahwa ITH sudah siap menerima mahasiswa baru," kata Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe menanggapi operasional ITH di Kota Parepare, Sulsel, Minggu.

Menurut dia, tim yang datang melakukan peninjauan terdiri dari berbagai unsur Kemedikbud tersebut dipimpin Sulhefni, salah satu pejabat teras Kemendikbud.

Dari hasil tinjauan itu, seluruh tahapan dan dukungan administrasi yang dibutukan dalam pendirian ITH Parepare dinyatakan telah dipenuhi oleh Pemerintah Kota Parepare.

"Pihaknya pun berjanji, segera memproses berkas administrasi pengusulan Keppres ITH ke Sekretariat Negara setelah balik ke Jakarta," katanya.

Adapun lahan yang dijadikan kampus ITH terletak di Kelurahan Lemoe, Parepare memiliki luas kurang lebih 30 hektar.

Sebelumnya, pada masa pemerintahan Wali Kota Parepare, H Mohammad Zain Katoe lahan ini direncanakan menjadi lokasi bandara udara perintis.

Sementara itu, Sulhefni dalam kunjungannya di kota niaga itu mengatakan luas lahan dimaksud telah memenuhi syarat yang dibutuhkan dalam pendirian institute sebagaimana diamanatkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2014 tentang Pendirian Perguruan Tinggi Negeri.

Dia mengatakan, pihaknya mengapresiasi dukungan penuh Pemerintah Kota Parepare dalam pendirian ITH. Diakui, banyak rencana pendirian perguruan tinggi di sejumlah daerah di Indonesia yang macet karena kendala dukungan pemda yang minim.

"Khusus ITH, periode 2015 mendatang sudah bisa menerima mahasiswa baru dengan syarat Keppres perguruan tinggi ini telah terbit dan fasilitas perkuliahan telah tersedia," katanya.

(S036/R007)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014