Pontianak (ANTARA News) - Wakil Sekjen DPP PKB Daniel Johan menegaskan partainya akan mengawal pemerintahan di bawah kepemimpinan Joko Widodo - Jusuf Kalla dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

"PKB akan setia mengawal untuk mewujudkan kedaulatan pangan, pembangunan desa, dan kemandirian industri dalam negara melalui pemerintahan yang efektif dan bersih," kata Daniel Johan saat dihubungi di Pontianak, Minggu.

Ia melanjutkan, setelah pelantikan, rakyat menunggu kerja-kerja kongkrit dari pemerintahan baru.

Terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia mengucapkan terima kasih. Menurut dia, Susilo Bambang Yudhoyono selama memimpin telah memberi landasan dan pondasi yang baik selama 10 tahun menjalankan pemerintahan.

Ia menambahkan, kondisi itu harus diakui membantu Joko Widodo dalam mewujudkan visi politiknya.

Ia mengingatkan harapan rakyat kepada pemerintahan baru yang tengah membuncah.

"Harapan rakyat begitu besar kepada Joko Widodo, sehingga tidak ada kata lain, selain kerja sungguh-sungguh mewujudkan harapan rakyat," kata anggota DPR RI dari Dapil Kalbar itu.

Daniel mengatakan, tantangan ke depan sangat besar, sehingga gotong royong dalam kebaikan diantara semua kekuatan politik sangat penting.

Apalagi, lanjut dia, dalam mewujudkan Trisakti yang menjadi cita-cita politik pemerintahan Joko Widodo, hanya bisa terwujud bila smua kekuatan bersatu.

"Jadi, terima kasih SBY, selamat datang Jokowi," kata Daniel Johan.

Seperti diketahui Jokowi-JK akan dilantik, Senin (20/10) di Gedung MPR. Setelahnya, Jokowi akan menjalani upacara penyambutan secara militer di Istana Negara di mana sebelumnya ia akan diarak dari Bundaran HI dengan kereta kencana. (T011)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014