Jakarta (ANTARA News) - Bus Transjakarta koridor satu dengan rute Blok M-Kota masih beroperasi hingga pukul 09.00 WIB, jelang pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Koridor satu yang melayani rute halte Blok M, mesjid Agung, Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Polda, Bendungan Hilir, Karet, Setiabudi, Dukuh Atas, Tosari, Bundara HI, Sarinah, Bank Indonesia, Monumen Nasional, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo, Glodok dan Kota.

Lalu lintas di depan pintu Parkir Timur Senayan yang padat merayap pada pukul 07.30 WIB tadi, mulai sepi pada pukul 09.00 WIB. Bus Transjakarta masih terlihat lewat dengan isi penumpang yang tidak banyak.

Salah seorang penumpang Transjakarta di halte Gelora Bung Karno, Susi Rianti mengatakan bahwa busway menuju Harmoni masih beroperasi.

"Petugas busway bilang masih ada bus yang ke arah Harmoni, makanya saya berani tunggu," katanya kepada ANTARA sembari sesekali melihat jika ada busway yang datang.

Selain Susi, Rudi Irmawan yang juga menunggu busway menuju Blok M mendapat informasi serupa.

"Diinfo sampai jam 10.00 WIB masih ada busway jadi saya berani tunggu di halte GBK," katanya.

Sekitar duapuluhan penumpang masih menunggu busway di halte GBK, sedangkan lalu lintas mulai sepi, namun penjagaan aparat kepolisian masih ditempatkan di beberapa titik.

Situasi di kawasan Senayan masih aman dan kondusif, massa yang direncanakan akan berkumpul di Parkir Timur Senayan hingga berita ini diturunkan belum juga tampak.

Sebelumnya direncanakan pada pukul 11.15 WIB Jokowi-JK meninggalkan Gedung DPR/MPR menuju Bundaran HI.

Pukul 11.30 WIB, Jokowi-JK tiba di Bundaran HI dan naik kereta kencana untuk diarak hingga Istana.

Pukul 12.30 WIB, tiba di Istana Negara disambut mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dilanjutkan dengan upacara penyambutan, tur singkat keliling istana, lalu pelepasan Yudhoyono keluar Istana.

Pukul 15.00 WIB Jokowi-JK ikut pesta rakyat di Monas yang dimeriahkan musik Slank.

Pukul 17.00 WIB, Jokowi-JK kembali masuk ke Istana. Kemudian pukul 19.00 WIB Jokowi-JK kembali ke Monas untuk melepas 7.000 lampion. Dan pukul  22.00 WIB acara selesai.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014