Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melambaikan tangan kepada masyarakat dari mobilnya dalam perjalanan dari Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin.

Yudhoyono membuka kaca jendela mobilnya di sisi kiri lalu melambaikan tangan sambil tersenyum kepada masyarakat yang berada di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, hingga ke Jalan Gatot Subroto.

Masyarakat juga terlihat antusias menyambut lambaian tangan Yudhoyono. Banyak pula di antara mereka yang meneriakkan "Terima kasih Pak SBY".

Sementara Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono yang berada di sebelah kanannya juga tampak mengabadikan momentum tersebut dengan kameranya.

Presiden dan Ibu Negara menuju Gedung MPR untuk menghadiri Sidang Paripurna MPR dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Yudhoyono mengakhiri jabatannya pada hari ini setelah 10 tahun memimpin Republik Indonesia. Yudhoyono terpilih sebagai presiden selama dua periode yakni periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Yudhoyono menjadi presiden pertama yang menerapkan tradisi suksesi kepemimpinan yang baik dengan penggantinya.

Sehari sebelumnya, Yudhoyono di Istana Merdeka menerima presiden terpilih Joko Widodo dan memaparkan fasilitas yang ada untuk pelaksanaan tugas Presiden.

Keduanya kemudian berkeliling kompleks Istana Presiden dari mulai Istana Merdeka, Kantor Presiden, Istana Negara, Wisma Negara.

Setelah sekitar satu jam lebih keduanya berkeliling kompleks Istana kemudian di halaman Istana Merdeka Jakarta menyaksikan gladi bersih pisah sambut Presiden Keenam dan Presiden Ketujuh.

Seusai pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla, Yudhoyono dan Boediono akan menyambut Jokowi-Jusuf Kalla di Istana Merdeka untuk acara serah terima memori jabatan.

Setelah itu, Yudhoyono dan Boediono akan diantarkan oleh Jokowi-Jusuf Kalla untuk meninggalkan Istana Merdeka.

Yudhoyono kembali ke kediamannya di kawasan Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan Boediono kembali ke kediamannya di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014