Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry tiba di  acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada sekitar pukul 09.40 WIB di Gedung MPR/DPR/DPD di Senayan, Jakarta, Senin.

Setibanya di depan Ruang Rapat Paripurna I MPR/DPR, John Kerry melambaikan tangan kepada sekumpulan wartawan yang sudah menunggu di depan ruangan. Namun, Menlu AS itu belum mengeluarkan pernyataan apa pun dan belum dapat diwawancarai.

Setelah John Kerry, Perdana Menteri Australia Tony Abbott tiba di depan Ruang Rapat Paripurna I pada pukul 10:00 WIB.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar delapan kepala negara dan 10 pejabat setingkat menteri dari negara sahabat menghadiri pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, menurut keterangan dari Direktur Informasi Kementerian Luar Negeri RI Sofia Sudharma.

Sejumlah pejabat negara lain yang turut hadir, antara lain Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Gubernur Jenderal Papua Nugini Michael Ogjio, Perdana Manteri Malaysia Najib Tun Razak.

Utusan Khusus negara Jepang Yasuo Fukuda dan Menlu Kanada dan Selandia Baru juga berencana hadir.

Deputi Perdana Menteri Thailand Tanasak Patimapragorn, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe juga berencana hadir dalam pelantikan tersebut.

(Y012)


Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014