Jakarta (ANTARA News) - Di antara semua hadirin dan tokoh puncak pemerintahan nasional dan mancanegara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari podium kehormatan Sidang Paripurna MPR, Jakarta, Senin, cuma menyebut seseorang sebagai sahabat dan saudaranya, yakni "Rekan dan sahabat saya, Prabowo Subianto …"

Prabowo Subianto, rival Jokowi dalam Pemilu Presiden 2014, langsung berdiri dan memberi hormat ala militer dari tempat duduknya, di barisan tamu utama Ruang Sidang Utama Gedung Parlemen itu. Hadirin pun bertepuk tangan riuh atas pernyataan Jokowi dalam pidato pertamanya sebagai Presiden RI ketujuh itu.

Sejak Pemilu Presiden 2014 digelar pada 9 Juli 2014, Prabowo dan Jokowi baru bertemu langsung dan berpelukan pada peringatan ulang tahun Prabowo pada 17 Oktober lalu. Pertemuan keduanya itu mengisyaratkan kemajuan bersama bangsa pada pemerintahan kali ini.

Sidang Paripurna MPR itu menandai pelantikan dan sumpah jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla dipimpin oleh Ketua MPR Zulkifli Hassan. Acara tersebut dihadiri pula mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Wakil Presiden Boediono. (*)

Pewarta: Ade P. Marboen
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014