Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memuji pidato pertama Presiden Joko Widodo dalam Sidang Paripurna MPR, yang dinilainya langsung ke pokok pikiran.

"Pidato pak Jokowi menarik, artinya tidak banyak bunga rampainya, dia straight forward, menegaskan pentingnya kemandirian dan kedaulatan kita sebagai suatu bangsa," kata Surya Paloh seusai menghadiri Sidang Paripurna Pelantikan Jokowi-JK di gedung parlemen, Jakarta, Senin.

Menurut Surya, dalam pidatonya Jokowi turut menekankan garis kebijakan yang akan ditempuh untuk mewujudkan kemandirian bangsa.

"Garis kebijakan itu saya pikir jelas sekali dalam pesan beliau. Apalagi soal bidang maritim yang disebutkan tadi, memang secara geografis Indonesia negara kepulauan terbesar di dunia, dengan dua pertiga wilayahnya kelautan dan poros maritim ini andalan kita," ujarnya.

Surya meyakini pemerintahan Jokowi-JK akan sukses menjalankan visi-misinya bagi bangsa. Dia melihat situasi parlemen saat ini sudah mulai kondusif, sehingga tidak akan menjadi penghalang implementasi program pemerintahan Jokowi-JK.

Jokowi-JK telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.

Dalam pidatonya di acara pelantikan, Jokowi mengutarakan pentingnya mewujudkan agenda trisakti yakni berdikari di bidang politik, ekonomi dan berkepribadian dalam budaya.

Dia juga meminta seluruh elemen bahu-membahu dan bergotong royong, bekerja membangun bangsa, serta mewujudkan bangsa Indonesia berjaya di bidang maritim.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014