Paris (ANTARA News) - Prancis mengumumkan bahwa upaya memerangi virus Ebola dan koalisi internasional melawan ISIS menjadi prioritas utama dalam pertemuan Dewan Luar Negeri Uni Eropa di Luxembourg, Senin.

Pertemuan tersebut akan membahas tanggapan Eropa untuk menghadapi virus Ebola, terutama dalam hal memobilisasi sumber daya manusia dan dana untuk melawan virus, yang menyebar di sejumlah negara Afrika barat, kata kementerian luar negeri Prancis dalam satu pernyataan, Senin.

Pembahasan-pembahasan juga akan fokus pada perang melawan ISIS di Irak dan Suriah, serta membahas aspek kemanusiaan, politik dan militer untuk masalah ini, tambah pernyataan itu.

Dalam hal ini juga disebutkan bahwa para menteri Uni Eropa akan menegaskan dukungan mereka terhadap upaya yang diberikan oleh Bernardino Leon, Wakil Khusus Sekretaris Jenderal PBB di Libya, dan membahas cara-cara untuk memberikan dukungan yang diperlukan untuk membuat misinya di Libya berhasil.

Pertemuan ini juga akan meninjau kecepatan proses perdamaian di Timur Tengah menyusul konferensi yang diadakan di Kairo pada 12 Oktober, serta program nuklir Iran menyusul pertemuan terakhir di Wina, kata kementerian Prancis, seperti dikutip Kuwait News Agency (KUNA).

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014