Jakarta (ANTARA News) - Lautan warga menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang usai dilantik diarak menggunakan kereta kuda dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin siang.

Warga mengerumuni kereta kuda yang membawa Presiden dan Wakil Presiden, berusaha menyentuh dan bersalaman dengan mereka di sepanjang jalan. Sementara Ibu Negara Iriana Widodo dan Ny Mufidah Jusuf Kalla menaiki kereta kuda terpisah.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengawal ketat kereta kuda mereka menembus kerumunan massa yang ingin mendekat dan bersalaman.

Presiden Jokowi, yang saat naik kereta terlihat beberapa kali mengelap keringat di dahi, melepas jas hitam dan dasi merahnya beberapa saat setelah kereta menembus kerumunan warga yang menyambutnya. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga melepas jas hitam dan dasi merahnya.

Mereka melambaikan tangan, mengacungkan tiga jari dan kadang menyalami warga yang mengulurkan tangan ke arah mereka.
 
Sementara rombongan warga dan relawan mengikuti di belakang mereka dengan berbagai atraksi.

Suhu Jakarta yang menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) berkisar antara 24 derajat celcius sampai 34 derajat celcius tidak memupuskan keinginan warga mengikuti pawai menyambut pemimpin baru.

Rombongan Presiden yang tiba di Bunderan Hotel Indonesia (HI) sekitar pukul 13.29 WIB setelah mengikuti pelantikan di Gedung MPR/DPR/DPD bergerak menuju ke Istana Merdeka.

Presiden Jokowi kembali mengenakan jas dan dasi merahnya setelah kereta mendekati Istana. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga mengenakan kembali jas hitamnya.

Di Istana Merdeka, mereka disambut Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ny. Ani Yudhoyono serta para pejabat yang akan menghadiri lepas sambut pejabat presiden baru dan lama.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014