... menurunkan kaca jendela dan menyapa warga yang kerap berkerumun kala mereka melintas... "
Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Warga Cikeas, Kabupaten Bogor, lega sekaligus bakal merindukan suasana yang selama ini kerap mereka temui menyusul masa jabatan mantan Presiden Susilo Yudhoyono, yang telah berakhir.

Selama 10 tahun, Yudhoyono menjadi presiden sejak 2004 dan selama itu pula dia cuma sesekali saja ada di rumah lamanya yang dibeli sejak berpangkat letnan kolonel itu.

Kepala SD Sekolah Alam Cikeas, Pungky Aryogo, misalnya, mengatakan kelegaan dia, lantaran setelah hari ini bisa pergi dan pulang ke tempat kerjanya secara lebih lancar. Maklum, sebagai presiden, tiap kali Yudhoyono ada di jalan raya, pengamanan ada dalam status maksimal.

Itu juga yang terjadi di kawasan rumah pribadi Yudhoyono, di Puri Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

"Memang sebetulnya lega juga bakal jarang ketemu yang begitu, pengaturan lalu-lintas. Tapi itupun sebetulnya tidak sampai 10 menit perjalanan terhenti kalau ketemu rombongan Pak SBY," katanya.

Pada sisi lain, ia bakal merindukan suasana iring-iringan itu, pasalnya baik SBY maupun istrinya, Ani Yudhoyono, cukup ramah kala melintas.

"Biasanya mereka menurunkan kaca jendela dan menyapa warga yang kerap berkerumun kala mereka melintas," katanya.

Hal serupa juga diutarakan Mariana (43) pengusaha warung makanan dan minuman di dekat pertigaan tikungan menuju Puri Cikeas.

Ia mengaku bahwa iring-iringan rombongan mantan Presiden SBY kerap menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat sekitar, mengingat meski mereka hidup berdekatan namun jarang berinteraksi.

"Khan jarang juga lihat Pak SBY secara langsung, kalau anak-anak kecil sich pada senang," tuturnya.

Yudhoyono bakal kembali menempati kediamannya di Puri Cikeas setelah masa jabatannya tuntas dan bakal digantikan presiden yang baru saja dilantik dalam Sidang Paripurna MPR, Joko Widodo.

Pewarta: Gilang Galiarta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014