... ini bisa menjadi solusi para orangtua... "
Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Satu lagi temuan unggulan anak bangsa, tentang alat pengatur jarak pandang menonton televisi bagi anak-anak berbasis mikrokontroler yang secara otomatis mengatur jarak pandang aman dan efisien dalam menonton siaran televisi.  

Pencipta alat itu adalah Eko Suryanto, mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung.

Menonton televisi terlalu dekat dan terlalu lama, bisa berdampak pada kerusakan mata, karena layar televisi memancarkan radiasi yang membuat mata lelah serta memberikan efek buruk, di antaranya pandangan kabur dan mata kering.

"Namun banyak orangtua yang kesulitan menjaga anak untuk menonton televisi dengan jarak pandang aman," katanya, di Bandarlampung, Senin.

Karena itu, mahasiswa Jurusan Sistem Komputer IBI ini terdorong menciptakan peralatan pengontrol jarak pangan aman saat menonton televisi ini.

Dia menjelaskan, komponen alat ini terdiri dari mikrokontroler ATMega 16 sebagai basis utama pengendali alat secara otomatis, sensor SRF05 yang mampu mendeteksi keberadaan manusia di depan sensor itu, dan LCD sebagai peraga hasil jarak yang dideteksi.

Sebelum mengoperasikan alat ini, Eko menjelaskan, pengguna terlebih dahulu menentukan jarak pandang aman menonton televisi dengan hitungan manual.

"Rumus yang digunakan, ukuran layar (inchi) x 5 x 0,25. Jika ukuran televisi adalah 14 inchi, maka jarak pandang aman menonton televisi adalah 1,78 meter," katanya pula.

Angka itu, kata dia, nantinya menjadi acuan pada pengaturan jarak pandang menggunakan sensor SRF05.

"Alat ini bekerja secara otomatis ketika sensor SRF05 menangkap keberadaan manusia di depannya yang kemudian ditangkap dan diterjemahkan mikrokontroler ATMega," kata dia. 

"Jika data yang terbaca mikrokontroler kurang dari 1,78 meter, maka televisi akan mati secara otomatis. Jarak pandang pengguna saat menonton televisi akan ditampilkan pada LCD yang diterima dari sensor jarak dalam satuan sentimeter," ujarnya.

Dalam menciptakan alat itu, dia mengaku terinspirasi dari permasalahan yang sering dialami para orangtua yang sulit mengendalikan anak-anak jangan menonton televisi terlalu dekat. 

Padahal radiasi tinggi pada televisi bisa berdampak pada kerusakan mata pada anak, seperti miopia (rabun jauh).

"Anak-anak memang cenderung sulit diatur, meskipun sudah dilarang mereka tetap menonton TV dengan jarak sangat dekat. Alat ini bisa menjadi solusi para orangtua, karena televisi akan mati dengan sendirinya ketika anak menonton dengan jarak pandang terlalu dekat," kata dia.

Dia mengakui keberhasilan menciptakan alat tersebut tak terlepas dari bimbingan dosennya, Yuni Arkhiansyah, yang senantiasa mendampingi dan memberikan pengarahan selama proses pembuatan alat.

Ia berharap, alat pendeteksi jarak pandang menonton televisi dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi SE MA, menyampaikan selamat dan terima kasih atas kontribusi kepada mahasiswa menciptakan karya yang diharapkan bisa digunakan masyarakat luas.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014