Biak (ANTARA News) - Warga Papua berharap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang baru dilantik Senin 20 Oktober dapat mensejahterakan masyarakat sesuai janji kampanye saat pemilihan Presiden lalu.

"Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla menjadi harapan baru untuk seluruh rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke, berbagai program yang dilontarkan pada debat kandidat pasangan Presiden dan Wapres bisa direalisasikan selama masa kepemimpinan 2014-2019," harap tokoh pendidikan Manase Simbiak di Biak, Selasa.

Ia mengharapkan berbagai program kerakyatan yang dijanjikan seperti sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan sarana prasarana insfrastruktur, pemberdayaan ekonomi, tenaga kerja, pertanian, perikanan dan kelautan serta program lainnya ditingkatkan lebih baik lagi.

Program lain yang juga menjadi perhatian Presiden terpilih Jokowi-JK, menurut Menase, bisa meningkatkan kesejahteraan para aparatur negara PNS dan TNI/Polri sebagaimana telah dilakukan di era kepemimpinan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Semangat baru dan kerakyatan diperlihatkan pasangan Jokowi-JK harus dijaga bersama, ya momentum pilpres yang aman, damai dan kondusif membuktikan rakyat butuh perbaikan ekonomi, pendidikan, kesehatan serta program pro rakyat miskin," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Papua Barat, Yan Christian Warinussy SH menyampaikan selamat atas pelantikan Presiden terpilih Jokowi dan wapres JK.

"Prosesi pelantikan Presiden Jokowi-JK kiranya dapat mengilhami kepemimpinannya untuk memulai membangun perdamaian di tanah Papua," harap Christian Warinussy.

Organisasi masyarakat sipil LP3BH, menurut Christian, sangat berharap penyelenggaraan pemerintahan negara di bawah kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK dapat menyelesaikan berbagai konflik di tanah Papua secara damai, transparan serta menghormati hak asasi manusia.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014