Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI Joko Widodo bertemu Perdana Menteri Papua Nugini Peter ONeill serta Menteri Industri dan Perdagangan Federasi Rusia Denis Manturov di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa pagi.

Presiden Joko Widodo kepada wartawan mengemukakan bahwa pertemuan itu antara lain membahas tentang hubungan kerja sama di sejumlah sektor ekonomi antarkedua negara.

Kedua pejabat itu juga sebelumnya telah menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung MPR/DPR/DPD, Senin (20/10).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan tamu negara yang sebagian di antaranya menemui Presiden Jokowi agar dapat mengucapkan dan memberi selamat secara langsung kepada Beliau.

Di antaranya, Presiden Jokowi menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry di Istana Merdeka, Senin (20/10) sekitar pukul 20.00 WIB, seusai bertemu dengan PM Australia Tony Abbott.

Jokowi menerima John Kerry dengan mengenakan batik lengan panjang. Ini merupakan pertemuan pertama Jokowi sebagai Presiden dengan Menlu AS.

Seusai dilantik, Presiden Jokowi menerima sejumlah pemimpin. Menlu AS merupakan pejabat negara sahabat keempat setelah sebelumnya Jokowi menerima Perdana Menteri Malaysia Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan PM Abbott.

Berbagai wartawan baik dari media cetak maupun media elektronik juga sedang menunggu kapan Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan kabinet yang akan dipimpinnya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014