... yang tidak boleh menjadi menteri yaitu yang punya konflik kepentingan terhadap usahanya... "
Jakarta (ANTARA News) - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, mengingatkan kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, bahwa tidak semua pengusaha layak menjadi menteri.

"Pengusaha yang tidak boleh menjadi menteri yaitu yang punya konflik kepentingan terhadap usahanya," kata Fariz, di Jakarta, Selasa.

Dia mencontohkan, pengusaha di sektor perhubungan, tidak boleh menjadi menteri perhubungan; karena yang bersangkutan berpotensi memiliki konflik kepentingan.

"Analoginya seperti itu. Karena kalau begitu dia akan menyelamatkan gerbong bisnisnya dan mengajak kroni-kroni bisnisnya," kata dia.

ICW juga mengatakan, menteri tidak boleh memiliki persoalan terkait kasus rekening gendut, persoalan terkait kewajaran kekayaan, dan persoalan SPT pajak.

Selain itu, Jokowi juga diminta mencoret nama pengacara kandidat menteri yang pernah menangani kasus korupsi dan pernah terlibat mafia peradilan, termasuk di dalamnya orang yang mengarahkan saksi perkara korupsi dan menyuap hakim.

"Politisi yang terlibat dalam upaya pelemahan KPK dan pemberantasan korupsi dan pernah menjadi mafia perkara korupsi yang melibatkan pengurus parpol, juga tidak boleh menjadi menteri," kata dia. 

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014