Lisabon (ANTARA News) - Angka kemiskinan di Portugal naik tahun lalu, dan satu dari lima warga di negeri itu menghadapi ancaman kemiskinan, kata Institut Statistik Nasional, Senin.

Sebanyak 18,7 presen penduduk Portugal terancam miskin, angka tertinggi sejak 2009, demikian laporan Xinhua.

Badan Statistik tersebut juga menyatakan anak-anak lah yang mengalami pukulan paling keras, dan sebanyak 29,3 persen tahun lalu merasa "dilucuti secara materi".

Gaji bulanan di Portugal paling rendah di Eropa Barat, 505 euro setiap bulan, sedangkan warga membayar pajak sangat sangat tinggi.

Portugal adalah negara kesembilan di Uni Eropa pada 2011 dengan angka kemiskinan paling tinggi.

Lebih dari 360 orang bergantung atas bantuan pendukung penghasilan, kata yayasan itu. Selain itu, Portugal adalah negara keenam di Uni Eropa dengan kesenjangan terbesar antara orang kaya dan miskin.

Negara yang dirundung utang tersebut telah berusaha membuat senang pada pemberi kredit internasional dalam tiga tahun belakangan.

Portugal telah menandatangani program talangan sebesar 78 miliar euro dengan Komisi Eropa, Dana Moneter Internasional dan Bank Sentral Eropa.

Negeri itu harus menaikkan pajak dan memangkas pengeluaran untuk memenuhi ketentuan dalam program tersebut, tapi menghadapi dampak sosial serius.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014