... tumbuhan itu tiba-tiba mekar dan mengeluarkan bau busuk hingga tercium ke dalam rumah... "
Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Warga Desa Persil Raya Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, dihebohkan dengan penemuan tanaman menyerupai bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah salah satu warga.

"Tumbuhan itu, sudah ada sejak sepuluh hari lalu di samping rumah saya," kata Sunar (45), sang pemilik rumah di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menceritakan, tumbuhan itu pertama kali ditemukan anak perempuannya pada Senin petang lalu (11/10) lalu. Dia tumbuh di sela-sela tanaman lainnya, ukurannya tidak lebih besar dari genggaman tangan orang dewasa menancap di atas tanah seperti tongkol pisang.

"Ketika anak saya sedang menyiram bunga, ketika melihat ada tumbuhan seperti tongkol pisang yang tumbuh ia kemudian memberitahukan, tapi karena tidak tahu itu tumbuhan apa, lantas ia mau membuangnya," katanya.

Niat untuk mencabut tumbuhan itu dibatalkan setelah ada beberapa warga yang menyarankan membiarkan, karena menurut mereka siap tahu tanaman itu mempunyai khasiat tertentu.

"Akhirnya dibiarkan, ternyata tumbuhan itu terus membesar, sampai akhirnya dua hari lalu, Minggu (19/10), tumbuhan itu tiba-tiba mekar dan mengeluarkan bau busuk hingga tercium ke dalam rumah," katanya.

Saat mengeluarkan bau tak sedap, tanaman dengan warna merah hati itu juga dikerumunilalat, hal itu berlangsung selama kurang lebih dua hari sampai akhirnya bau tak sedap hilang dengan sendirinya.

Di lapangan, kini bunga dengan warna merah kecoklatan itu sudah terlihat layu, diperkirakan ukuran tinggi sekitar 30 centimeter dengan panjang kelopak 50 centimeter. 

Tampilannya seperti bungai bangkai yang tumbuh tanpa batang, namun bedanya di bagian tengah tumbuhan ini terdapat kuncup menyerupai mahkota.

Mengutip wikipedia.org, terdapat tumbuhan yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama suweg, atau dalam bahasa latinnya Amorphophallus paeoniifolius dan masih kerabat dekat bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanuum.

Tanaman ini tumbuhan asli Asia Tenggara yang tumbuh di hutan-hutan kawasan Malaysia, Filipina, serta India tropik bagian selatan.

Pewarta: Fahrian Adriannoor
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014