Saya mengatakan kepada para pemain bahwa kemenangan hanya dapat diraih dengan bermain sebaik mungkin
Roma (ANTARA News) - Berjuluk skuad yang tidak dijagokan alias underdog, justru memantik AS Roma untuk memberi perlawanan bagi tim tamu Bayern Muenchen.

Sulit menyatakan apalagi menegaskan bahwa tim dari Bundesliga bakal melibas Sang Serigala sebelum pertandingan dihelat di hadapan pecinta bola sejagat.

AS Roma boleh membusungkan dada karena unggul dalam produktivitas mencetak gol. Tim asuhan pelatih Rudi Garcia itu telah mengemas enam gol dalam dua partai, sementara tim asuhan pelatih Pep Guardiola itu hanya menyarangkan dua gol.

Roma akan menjamu Muenchen dalam laga Liga Champions Grup E yang diadakan di Stadion Olimpico, Roma pada Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan ini dapat diikuti lewat tayangan Nex Entertainment.

Tim tuan rumah benar-benar ingin membulatkan tekad menghadapi Muenchen. Hanya saja rekor tim Bavaria demikian mengkilap dengan mengoleksi lima trofi Piala Liga Champions dan satu gelar Piala UEFA.

Tidak ingin disebut tim kacangan yang kalah sebelum bertanding, balatentara Roma tertantang memberi perlawanan. Striker Roma, Mattia Destro siap tampil beringas dengan naluri mencetak gol.

Sebagai tim, Roma memerlukan satu gol lagi untuk menggenapkan koleksi mereka menjadi 100 gol selama mengikuti ajang Piala Liga Champions. Justru gol Roma ke-80 dan ke-90 dilesakkan oleh sang kapten Francesco Totti.

Ketika berbicara kepada Sky Sport Italia, Destro menyatakan, "Laga bakal berlangsung seru. Kami bertanding di hadapan para pendukung sendiri, dengan begitu kita tinggal tunggu saja."

"Kami yakin ketika menjalani laga di awal musim ini. Kami melaju dan terus melaju. Kami tampil di setiap pekan dan terus mencapai penampilan terbaik dengan meraih kemenangan di setiap laga," katanya.

Sementara itu, Bayern Muenchen kini bertengger di posisi pertama di Grup E dan capaian tim asal Bundesliga ini menyabet lima kemenangan di setiap kompetisi. Tim asuhan Guardiola ini belum pernah menelan kekalahan sejak Agustus lalu, bahkan mengaramkan Werder Bremen 6-0 pada laga Sabtu pekan lalu.

Guardiola terus membenahi kekompakan tim, utamanya keseimbangan antara lini pertahanan dengan lini depan untuk menghadapi laga berskala internasional. Franck Ribery yang selama ini hanya dimainkan selama 29 menit oleh Guardiola kini siap dimainkan kembali.

Bastian Schweinsteiger telah kembali berlatih bersama dengan sesama rekan timnya setelah ia mengalami cedera lutut, sementara kondisi Thiago Alcantara belum juga pulih benar dari lutut.

Data dan fakta:

* Kedua tim telah dua kali bersua dalam babak penyisihan di ajang Liga Champions musim 2010/11, dan mereka saling berbagi kemenangan.
* Roma hanya menuai sekali hasil imbang dalam 16 pertemuan manakala menghadapi lawan yang berasal dari Jerman, dengan tujuh kali menang dan delapan kali kalah.
* Bayern meraih kemenangan dari tiga laga terakhir melawan tim asal Italia dalam ajang Liga Champions.
* Bayern Muenchen mencatat 919 operan dalam laga melawan CSKA Moskow di pertandingan Liga Champions.  
* Di bawah asuhan Pep Guardiola, skuad Muenchen mencatat jumlah terbanyak dalam melepas operan selama menjalani Liga Champions (1582 operan).
* Lima pemain Bayern mencatat jumlah operan yang melebihi 100 kali operan selama laga Liga Champions. Mereka yakni Xabi Alonso, Philipp Lahm, Dante, Medhi Benatia dan David Alaba.
* Daftar pemain yang mengalami cedera:
Borriello (Roma), Keita (Roma), Leandro Castán (Roma), Strootman (Roma), Badstuber (Bayern), Javi Martínez (Bayern), Reina (Bayern), Schweinsteiger (Bayern), Starke (Bayern), Thiago Alcántara (Bayern)

Komentar kedua pelatih:

* Rudi Garcia (AS Roma):

"Kami masih berada di grup di luaran saja, meski kami telah memainkan dua laga menawan dan kami ingin bertahan, karena itu kami tahu bahwa kami punya peluang. Besok kami akan tampil sebaik mungkin, dan kami tahu benar akan hal ini."

"Kami tahu bahwa Stadion Olimpico bakal dipenuhi oleh para pendukung tim tuan rumah. Para suporter tuan rumah demikian dekat dengan kami, hanya saja pembuktiannya di lapangan, untuk itu kami bakal meladeni permainan mereka."

"Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Ia meraih begitu banyak gelar ketika melatih Barcelona. Skema permainan yang ia kembangkan demikian menawan. Ia punya kebanggaan tersendiri ketika membesut klub itu dan mampu memberi kemenangan."

"Bayern tidak kemasukan gol di beberapa bulan belakangan ini? Kami tidak takut dengan mereka, kami tidak takut dengan siapapun. Kami tahu bakal bertanding melawan tim yang hebat dengan sejumlah pemain hebat. Kami juga punya pemain hebat dan kami tampil di stadion sendiri. Dalam pertandingan seperti ini, kami tidak perlu takut. Dan saya benar-benanr yakin bahwa kami mampu meraih hasil positif."   
 
* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):

"Saya senantiasa benar-benar bahagia dapat kembali berada di Italia, kembali ke Roma. Di Roma, saya menghabiskan waktu selama enam bulan membela AS Roma. Saya tahu bahwa masyarakat di sini begitu mencintai sepak bola."

"Pertandingan ini bakal berlangsung sangat sengit. Jika saja sebuah tim meraih kemenangan dalam dua laga, maka mereka bakal lolos. Pada saatnya kami berada di posisi sempurna dengan meraih enam poin dari dua laga, meski saya senantiasa mengatakan bahwa setiap pertandingan demikian berarti. Besok, tim akan meraih kemenangan."

"Maafkan saya, (mantan pemain Barcelona) Seydou Keita tidak bisa tampil, hanya saja ketika saya menyaksikan pemain seperti  Daniele De Rossi, Francesco Totti, Miralem Pjanić, Gervinho, Manuel Iturbe, maka saya menaruh harapan atas mereka. Saya mengatakan kepada para pemain bahwa kemenangan hanya dapat diraih dengan bermain sebaik mungkin."

"Totti pemain yang mampu memberi inspirasi kepada tim. Gaya melatih Garcia memberi Roma sentuhan tersendiri. Tidak mudah juga bagi pelatih asing untuk melatih tim luar negeri dan melakukan adaptasi secara mulus, sebagaimana dilakukan Garcia."
 
Prakiraan susunan pemain:

* AS Roma (4-3-3):
De Sanctis; Maicon, Yanga-Mbiwa, Manolas, Cole; Pjanić, De Rossi, Nainggolan; Iturbe, Totti, Gervinho.

* Bayern Muenchen (4-2-3-1):
Neuer; Rafinha, Boateng, Dante, Alaba; Lahm, Alonso; Robben, Müller, Götze; Lewandowski.

Lima laga terakhir:

* AS Roma:
18/10/2014   AS Roma 3 - 0  Chievo Verona
 5/10/2014   Juventus 3 - 2  AS Roma
30/09/2014  Manchester City 1 - 1  AS Roma
27/09/2014  AS Roma  2 - 0  Hellas Verona
24/09/2014  Parma 1 - 2   AS Roma

* Bayern Muenchen:
18/10/2014  Bayern Muenchen BAY 6 - 0 SV Werder Bremen
04/10/2014  Bayern Muenchen BAY  4 - 0 Hannover 96
30/09/2014  CSKA Moskva 0 - 1 Bayern Muenchen
27/09/2014  Koeln 0 - 2  Bayern Muenchen
23/09/2014  Bayern Muenchen 4 - 0 SC Paderborn 07

Head To Head:

23/11/2010  AS Roma 3 - 2 FC Bayern Muenchen
15/09/2010  FC Bayern München 2 - 0 AS Roma Roma

Prediksi laga: (Goal.com):
* AS Roma ROM 2 - 1 FC Bayern Muenchen BAY (15 persen)
AS Roma ROM   1 - 2  FC Bayern Muenchen BAY ( 9 persen)
AS Roma ROM   2 - 0  FC Bayern Muenchen BAY (8 persen)

Grafik capain tim di segala kompetisi:

* AS Roma: menang, kalah, imbang, menang, menang, menang (WLDWWW)
* Bayern Muenchen: menang, menang, menang, menang, imbang ( WWWWWD)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* AS Roma: 0
* Bayern Muenchen: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014