Pretoria (ANTARA News) - Hakim Afrika Selatan pada Selasa menjatuhkan hukuman penjara selama lima tahun kepada atlet Olimpiade dan Paralimpiade Oscar Pistorius karena kelalaian yang menyebabkan kekasihnya Reeva Steenkamp tertembak mati pada Hari Valentine tahun lalu.

Steenkamp meninggal dunia nyaris seketika waktu Pistorius melepaskan empat tembakan yang menembus pintu kamar mandi rumah mewahnya di Pretoria pada 14 Februari tahun lalu karena mengira dia sebagai penyusup.

Pada puncak dari salah satu sidang pembunuhan tersebut, pelari cepat berusia 27 tahun itu dibawa polisi ke tahanan yang ada di bawah ruang sidang pengadilan di Pretoria.

Pistorius mengusap matanya saat Hakim Thokozile Masipa memutuskan dia bersalah dalam perkara pembunuhan itu dan menjatuhkan hukuman penjara.

Tak ada reaksi langsung dari para anggota keluarganya, atau dari kerabat Steenkamp, lulusan sekolah hukum dan model berusia 29 tahun.

Nama Pistorius menjadi besar di dunia atletik saat Olimpiade London 2012 ketika dia mencapai semifinal lari 400 meter melawan atlet-atlet bukan penyandang cacat, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014