Cianjur (ANTARA News) - Sejumlah percetakan dan jasa printing di Cianjur, Jabar, masih sepi order pembuatan foto presiden dan wakil presiden Jokowi-JK, bahkan sejumlah toko buku dan pedagang kaki lima, hingga saat ini belum memiliki poto presiden dan wakilnya untuk dijual ke masyarakat.

"Sampai hari ini, kami belum bisa mendapatkan foto pasangan Presiden Jokowi-JK, baik di toko buku yang biasa menjual atau di pedagang kaki lima yang biasanya telah menjajakan foto-foto tersebut, sebelum atau seduah pelantikan," ungkap Herlan (38) salah seorang warga yang sehari-hari bekerja sebagai PNS, di Cianjur, Selasa.

Dia menuturkan, pihaknya sempat memesan ke sejumlah penyedia jasa printing yang ada di Cianjur, untuk membuat sendiri poto Jokowi-JK, namun pihak printing dan percetakan, mengaku belum memiliki foto resmi presiden dan wakilnya itu.

Sementara itu, Hepy (27) pengelola salah satu jasa printing dan percetakan terbesar di Cianjur, mengungkapkan, hingga saat ini, pihaknya masih minim order untuk pembuatan foto presiden dan wakil presiden Jokowi-JK, meskipun sebelum pelantikan ada sejumlah orang atas nama pribadi telah memesan puluhan poto keduanya.

"Sampai saat ini, masih sepi orderan untuk poto berbagai ukuran Jokowi-JK.Bahkan kami juga masih sulit mendapatkan poto resmi keduanya baik secara langsung maupun mencari di internet," katanya.

Sulitnya mendapatkan poto resmi pelantikan Jokowi-JK itu, ungkap dia, terpaksa diakali dengan cara mengkloning foto untuk memenuhi pesanan sejumlah orang secara pribadi."Paling memotong foto kami lakukan untuk memenuhi pesanan, bagian kepala disatukan dengan badan mantan presiden," katanya.

Sulitnya mendapatkan foto presiden ketujuh itu, ditanggapai sejumlah relawan Jokowi-JK di Cianjur, dengan membuat ribuan foto kedua pasangan yang dikenal sebagai pasangan Indonesia Hebat itu. Dimana ungkap Yusuf Gigan, pihaknya bekerjasama dengan anggota DPRD Cianjur, dari koalisi Indonesia hebat, akan mencetak puluhan ribu poto pasangan tersebut dan akan dibagikan secara cuma-cuma pada warga termasuk ke sejumlah sekolah-sekolah yang ada di Cianjur.

"Kami baru tahu siang ini, kalau foto pasangan Jokowi-JK, belum tersebar luas di Cianjur. Kami tidak akan menunggu, sebagai relawan kami akan mencetak puluhan ribu foto Jokowi-JK dan akan dibagikan secara gratis terutama ke sekolah-sekolah," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014