Nomor tes peserta dan tata tertib seleksi CPNS Pemprov Banten langsung kami kirimkan sesuai alamat masing-masing peserta via kantor pos,"
Serang (ANTARA News) - Seleksi calon pegawai negeri sipil 2014 di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten akan diikuti 3.624 pendaftar yang lolos verifikasi persyaratan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten Kurdi Matin di Serang, Selasa, mengatakan sebanyak 3.624 pelamar CPNS Banten yang lolos verifikasi administrasi dan bisa mengikuti tes akan bersaing memperebutkan 180 kuota CPNS yang diperoleh Pemprov Banten pada 2014.

"Nomor tes peserta dan tata tertib seleksi CPNS Pemprov Banten langsung kami kirimkan sesuai alamat masing-masing peserta via kantor pos," katanya.

Ia mengatakan terkait pelaksanaan tes CPNS Pemprov Banten, BKD menjadwalkan tes CPNS dengan sistem Computer Asisited Test (CAT) akan dilaksanakan pada minggu kedua Nopember 2014.

"Rencananya tes sudah bisa digelar 10 hingga 17 Nopember mendatang, dengan asumsi awal Nopember peralatan sudah disiapkan di pendopo gubernur lama sebagai lokasi tes," kata Kurdi.

Kurdi mengatakan berdasarkan berita acara hasil verifikasi akhir, berkas pelamar CPNS Pemprov Banten terdapat 4.376 berkas yang diterima BKD Banten via pos. Dari jumlah tersebut, hanya 3.624 calon peserta tes CPNS yang memenuhi persyaratan, kemudian ditetapkan sebagai peserta tes CPNS 2014.

"Kalau jumlah pendaftar secara online mencapai 5.105 orang, namun tidak semuanya mengirimkan berkas lamarannya, sehingga dinyatakan gugur. Sedangkan mereka yang melampirkan berkas lamarannya tapi tidak memenuhi persyaratan setelah diverifikasi, berkasnya dikembalikan dan dinyatakan gugur," kata Kurdi.

Selain terjadi selisih jumlah pendaftar online dengan berkas lamaran yang masuk, BKD juga menemukan selisih berkas dengan jumlah pendaftar online.

"Setelah diverifikasi, ternyata ada 12 pelamar CPNS yang hanya mengirimkan berkasnya, namun tidak melakukan pendaftaran online," katanya.

Pihaknya mengingatkan kepada 3.624 orang yang berhak mengikuti tes untuk mempelajari aturan seleksi CPNS dengan sistem CAT.

"Semua yang menerima nomor tes CPNS, harap membaca dengan teliti tata tertib pelaksanaan tes. Sehingga saat ujian, tidak lagi melakukan kesalahan," katanya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten Siti Maani Nina menambahkan, saat ini pendopo lama gubernur Banten di Jalan Brigjen Kyai Syamun Kota Serang tengah diperbaiki, kemungkinan awal Nopember 2014 peralatan sistem CAT sudah bisa dipasang untuk tes CPNS.

"Kami sudah mendapatkan data dari BKD terkait jumlah pendaftar CPNS yang bisa ikut tes. Kalau yang tidak lolos verifikasi berarti tidak bisa ikut tes atau gugur," kata Nina.

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014