Bangkalan (ANTARA News) - Sebanyak 500 orang mengikuti tes calon pengawai negeri sipil (CPNS) yang digelar di Gedung Merdeka Jalan Letnan Sunarto, Bangkalan, Jawa Timur, Rabu.

"Ke-500 orang ini merupakan bagian dari jumlah total peserta sebanyak 1.546 orang yang mendaftar mengikuti tes CPNS tahun ini," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Bangkalan, Roosli Haryono.

Mereka itu mengikuti ujian dengan sistem computer assissted test (CAT) selama sehari, dan akan dibagi dalam tiga kelompok.

Berdasarkan surat edaran dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), jadwal Pelaksanaan ujian penerimaan CPNS akan berlangsung hingga 24 Oktober 2014. Dengan pelakasanaan ujian, perharinya di bagi lima sesi, persesinya ada 100 peserta.

"Jadwal ini mengacu pada jumlah peserta yang lolos verifikasi sebanyak 1.546, setiap harinya ada 500 peserta dan hari terakhir 546, sehingga 3 hari selesai," Roosli.

Roosli yang juga mantan Kapala Bapemas Pemkab Bangkalan ini menjelaskan, pelaksanaan tes hari ini mulai pukul 06.30 WIB dan akan berlangsung hingga pukul 16.55 WIB, dengan rincian persesinya memakan waktu 2 jam lebih 25 menit.

"Untuk mengetahui waktu tes, peserta tinggal mencocokkan nomor pesertanya, disitu akan diketahui, masuk sesi keberapa tes yang akan mereka laksanakan," ungkapnya.

Menurut Roosli, sistim dan berbagai aturan pelaksanaan semuanya telah ditentukan oleh adalah panselnas, dan daerah hanya meyiapkan fasilitasnya saja.

Menurut Roosli, tes CPNS ini menggunakan multiple choice (pilihan ganda), dengan jawaban A sampai E, dengan pembagian soal secara acak dalam artian tidak sama dalam satu ruangan maupun pada peserta tes berikutnya.

"Sistem ini juga mempermudah peserta, karena dilayar akan kelihatan apabila soal sudah dikerjakan semua berwarna hijau, apabila ada yang belum maka ada tanda warna merah," paparnya.

Tidak hanya itu, dengan sistem ini, peserta bisa langsung melihat hasil nilai tes mereka. Bahkan bisa melihat perkembangan nilai tertinggi dari semua peserta. Sebab nilai yang masuk langsung diringking.

Soal yang diujikan diantaranya wawasan kebangsaan, kepribadian, intelejensia.ke-1.546 peserta yang mengkuti tes CPNS di Bangkalan dan akan berlangsung hingga 24 Oktober 2014 ini akan memperebutkan 62 formasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014