Kami akan lakukan secara bertahap di beberapa koridor TransJakarta
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengatakan, secara bertahap mulai 1 November 2014 seluruh koridor TransJakarta akan menerapkan Full e-Ticketing (sepenuhnya menggunakan tiket elektronik).

"Kami akan lakukan secara bertahap di beberapa koridor TransJakarta," katanya dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Secara terperinci ia menyebutkan mulai 1 November full e-Ticketing akan diterapkan di Koridor delapan dan sembilan, 22 November di koridor dua dan tiga, 29 November di koridor lima dan tujuh, serta 13 Desember di koridor 10, 11 dan 12.

Namun di koridor empat dan enam, Kosasih mengatakan masih dalam proses masalah hukum.

"Koridor 4 dan 6 belum karena masih ada legal issue, tahun depan saya pastikan bisa selesai," tambahnya.

Penerapan e-Ticketing tetap menggunakan kartu uang elektronik dari enam bank yang telah bermitra dengan Transjakarta.

Ia melanjutkan mulai Kamis (23/10) akan mulai dipasang poster sosialisasi e-Ticketing di seluruh halte kordidor di Jakarta kecuali 4 dan 6.

"Jadi sebelum tahun ini berakhir seluruh koridor sudah full e-Ticketing dan tidak terima tunai lagi," tambahnya.

E-Ticket berupa kartu uang elektronik bank menurut Kosasih bisa diperoleh di loket-loket Transjakarta, di berbagai merchant mitra bank-bank terkait, dan juga di kantor-kantor cabang bank mitra Transjakarta tersebut.

"Untuk yang sudah punya kartu uang elektronik bank seperti JakCard, e-Money, Flazz, Tapcash, Brizzi atau MegaCash tidak usah beli kartu perdana lagi," kata Kosasih.

Dengan diterapkannya Full e-Ticketing diharapkan kepadatan transaksi di halte bisa dikurangi dan antrian penumpang bisa dipercepat.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014