London (ANTARA News) - Pasar-pasar saham utama Eropa dibuka lebih tinggi pada Rabu, sedikit memperpanjang pemulihan dari penurunan besar pekan lalu.

AFP melaporkan indeks patokan FTSE 100 di London naik tipis 0,05 persen menjadi 6.375,35 poin dan indeks DAX 30 di Frankfurt bertambah 0,53 persen menjadi 8.934,54 poin.

Di Paris, indeks CAC 40, naik 0,24 persen menjadi berdiri di 4.090,24 poin, dibanding dengan tingkat penutupan Selasa.

"Pasar-pasar Eropa terlihat akan mengikuti keuntungan kemarin mengambil momentum pemulihan mini ini ke sesi hari ini," kata James Hughes kepala analis pasar di Alpari.

"Pasar-pasar Asia mengikuti Eropa dan AS semalam mencatat lebih banyak keuntungan. Namun kita tidak bisa mengatakan bahwa kita benar-benar keluar dari hutan."

Pasar saham Eropa melonjak pada Selasa setelah data pertumbuhan ekonomi Tiongkok mendorong optimisme atas prospek ekonomi global. 

Pasar saham Eropa juga diangkat oleh rumor bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) bisa meningkatkan langkah stimulus moneternya, kata para dealer.

Gagasan itu, dikabarkan tengah dalam pembahasan di ECB tetapi belum diputuskan, datang ketika bank sentral sedang berupaya memerangi tekanan deflasi dan menopang pertumbuhan ekonomi di 18-negara zona euro.

Pasar ekuitas telah diguncang oleh kepanikan pada pekan lalu karena para pedagang khawatir bahwa zona euro bisa kembali terjerumus ke dalam resesi.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014