Apalagi ada screening dari KPK dan PPATK"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo masih belum berencana mengumumkan susunan kabinetnya dan menurut Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah karena Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin membentuk kabinet yang benar-benar memenuhi ekspektasi masyarakat, yakni pemerintahan yang bersih.

"Sebagai partai pendukung, kami tak mempermasalahkan penundaan tersebut karena Presiden dan Wakil Presiden mempunyai pertimbangan lain. Saya rasa, presiden dan wakil presiden ingin membentuk kabinet yang bersih, sesuai harapan masyarakat," kata Lukman Edy di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan, penundaan ini tidak ada kaitannya dengan tarik menarik dan kepentingan tertentu, namun murni untuk membersihkan kabinet.

"Apalagi ada screening dari KPK dan PPATK," kata dia.

Ketua Fraksi PKB MPR RI itu menilai, cara Presiden Jokowi dalam memilih calon menteri berbeda dari yang sebelumnya.

"Cara yang dipakai Presiden Jokowi berbeda dengan sebelumnya. Presiden Jokowi melakukan penelitian secara mendalam, cermat terhadap calon untuk memenuhi ekpektasi masyarakat agar kabinet Jokowi bersih. Jadi penundaan itu adalah kesiapan presiden dan wapres dalam penelitian yang mendalam terhadap menteri," pandang Lukman.

Hari ini di Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi menyatakan belum bisa memastikan pengumuman kabinet.







Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014