Jakarta (ANTARA News) - Pelawak tunggal Fico Fachriza, yang namanya dikenal setelah menjuarai ajang Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 3, meluncurkan buku berjudul "Martabak Asam Manis".

"Buku ini mengadaptasi filosofi martabak yang harus mengalami proses dan perjuangan panjang hingga akhirnya manis ketika dinikmati," kata Fico pada peluncuran bukunya di ajang Pesta Sastra 2014 yang digelar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, Rabu.

"Martabak Asam Manis" berisi cerita tentang perubahan Fico dari seorang anak yang dianggap bandel sampai menjadi juara SUCI 3.

Keinginan Fico menulis buku itu berawal dari hobinya menceritakan pengalaman hidup dalam blog pribadi.

Ia mengakui bahwa menulis buku berisi cerita lucu tidak semudah tampil dalam acara komedi tunggal. Dia butuh waktu delapan bulan untuk merampungkan buku perdananya.

"Kalau di stand up kan bikin lucunya lebih gampang karena kita bisa mengandalkan mimik muka, intonasi, dan gerakan badan. Kalau buku kekuatan kita hanya pada tulisan," kata Fico, yang mengaku terinspirasi pelawak tunggal, penulis, dan pemain film Raditya Dika.

Seperti Fico, komedian jebolan SUCI 3 Bene Rajagukguk juga menulis buku. Buku berjudul "Ngeri-Ngeri Sedap" karyanya pun diluncurkan pada acara bedah buku Pesta Sastra 2014.


Oleh Yashinta Difa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014