Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI) akan menggelar "training camp" untuk atlet biliar Indonesia ke beberapa negara guna mengasah dan memperbanyak pengalaman mereka.

"Ini upaya persamaan kesempatan yang diberikan kepada atlet di divisi pool, english biliar, snooker serta caroom," kata Ketua Bidang Kepelatihan POBSI yang juga pelatih pelatnas biliar Edy Hartono di Jakarta, Rabu.

Edy mengatakan dalam "training camp" ini sejumlah atlet biliar akan dikirim ke beberapa negara seperti India dan Inggris untuk mendalami teknik dan menambah kemampuan.

"Ini akan menambah kemampuan bertanding dan mengenal lebih jauh kemampuan atlet luar negeri," katanya.

Selain itu, dia mengatakan, PB POBSI juga menyiapkan sekitar sembilan atau lebih atlet pelatnas cabang olahraga biliar untuk bertanding pada SEA Games 2015 di Singapura.

"Kami menunggu keputusan squad yang diberikan oleh Prima dalam SEA Games 2015, kalau dikasih sembilan atau 12 atlet kami siap turunkan," katanya.

Edy mengatakan untuk memilah atlet biliar dalam ajang SEA Games 2015 pihaknya akan mengambil atlet dari bawah sehingga membuka ruang atlet lain masuk ke dalam tim inti pelatnas.

"Justru kita mengambil dari atlet yang dari bawah agar atlet yang sudah masuk tim inti tidak tersingkirkan karena banyak atlet yang belum masuk adalah mantan-mantan atlet yang pernah meraih medali," katanya.

Dia mengungkapkan tidak khawatir akan pemilihan atlet dari bawah karena mereka sudah disiapkan dan sudah pernah menempuh serta memiliki pengalaman bertanding di pertandingan nasional maupun internasional.

"Untuk biliar, kalau boleh dikatakan yang masuk pelatnas sembilan atlet maka masih ada 20 atlet yang di luar memiliki kualitas tidak jauh beda karena mereka memiliki pengalaman yang tidak diragukan," katanya.

Pewarta: M Agung Rajasa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014