Jakarta (ANTARA News) - Toko online tokopedia.com mendapatkan suntikan investasi 100 Juta dolar AS atau sekitar Rp1,2 trilun dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital.

"Investasi ini akan menjadi investasi pertama dengan nilai sebesar 100 juta USD dan investasi terbesar yang pernah diterima perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara. Setidaknya untuk yang pernah diumumkan ke publik," kata Executive Public Relation Tokopedia, Fauzia di Jakarta, Rabu.

Ia menyebut investasi ini sebagai sejarah baru bagi perusahaan internet asal Indonesia dan ia berharap setelah ini, reputasi perusahaan internet Indonesia bisat meningkat.

"Investasi ini merupakan investasi pertama SIMI untuk perusahaan internet asal Indonesia, demikian juga merupakan investasi pertama Sequoia Capital di Indonesia," kata dia.

SoftBank sendiri merupakan investor terbesar bagi Alibaba di China, Yahoo Japan, dan Supercell (perusahaan game di balik "Hay Day" dan "Clash of Clans"), sementara Sequoia Capital adalah investor awal Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

Ia menambahkan tokopedia sebelumnya konsisten mendapatkan investasi setiap tahun.

Pada 2009 mereka mendapatkan investasi dari PT Indonusa Dwitama, kemudian 2010 dari East Ventures, 2011 dari CyberAgent Ventures, dari BEENOS pada 2012, SB Pan Asia Fund pada 2013 dan tahun ini dari Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital.





Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014