Bandung (ANTARA News) - Persib Bandung selangkah lagi melaju ke babak semifinal ISL 2014 setelah mengalahkan Persebaya Surabaya 3-1 (0-0) pada delapan besar grup L di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Rabu.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak Makan Konate dari kotak penalti menit ke-70 dan tembakan menit ke-83. Satu gol lainnya dicetak Ferdinand Sinaga menit ke-84. Sedangkan gol balasan Persebaya dicetak Pacho Kenmogne menit pada injury time.

Kemenangan itu disambut suka cita oleh bobotoh yang memenuhi Stadion Si Jalak Harupat. Hasul positif itu membuat Persib selangkah lagi menembus babak semifinal ISL 2014 yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

Dengan tambahan tiga angka, Persib saat ini kokoh di puncak klasemen grup L dengan nilai 10. Persib butuh satu angka lagi untuk mengamankan tempat ke babak semifinal. Padahal Persib masih menyisakan dua pertandingan lagi yakni melawan Mitra Kukar dan Pelita Bandung Raya (PBR).

Sedangkan persaingan ketat masih terjadi di grup L antara Mitra Kukar dan Pelita Bandung Raya yang saat ini mengemas nilai empat, serta Persebaya yang mengemas nilai tiga.

Tiga laga terakhir di grup L masih bisa mengubah konstelasi peluang di grup itu, meski Persib berada di atas angin.

"Kita belum bisa berleha dengan nilai 10, masih perlu angka untuk memastikan juara grup sekaligus lolos ke semifinal. Pertandingan lawan Persebaya cukup berat dan kita baru bisa mengatasi pada babak kedua," kata Pelatih Persib Jajang Nurjaman.

Menurut Jajang, timnya tidak ingin terlena dengan hasil yang sudah diperoleh timnya saat ini. Pasalnya gol balasan Persebaya yang terjadi pada injury time harus menjadi fokus evaluasi terkait konsentrasi pada menit-menit akhir babak kedua.

Sementara itu pelatih Persebaya, Rahmad Darmawan menyatakan kebugaran para pemainnya menurun drastis pada babak kedua sehingga kebobolan tiga gol. Padahal menurut dia timnya bermain apik dan sabar pada babak pertama, namun semuanya berubah pada babak kedua.

"Selamat kepada Persib atas kemenangan ini, mereka bisa bermain baik sepanjang pertandingan. Kebugaran pemain kami menurun pada babak kedua, namun mereka sudah memberikan yang terbaik pada laga ini," kata Rahmad Darmawan.

Dengan demikian, saat ini tinggal Persib Bandung yang belum mengalami kekalahan di grup L dan memimpin dengan nilai 10.

Pertandingan Persebaya dan Persib berlangsung cukup ketat pada babak pertama dan terjadi jual beli serangan. Beberapa peluang Persebaya nyaris membuahkan gol, namun kiper I Made Wiryawan tampil baik.

Sebaliknya, ketangguhan Jendry Pitoy di bawah mistar Persebaya harus luluh oleh tiga gol Persib pada babak kedua. Gol pertama Persib tercipta ketika tembakan bek Jufriyanto menyentuk tangan pemain belakang Persebaya sehingga membuahkan penalti.

Makan Konate yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik menaklukan kiper Persebaya. Gol Konate juga tak terbendung menit ke-83, mendapat umpan dari Firman Utina, Konate yang memenangkan duel dengan OK Jhon melesakan bola ke jala Jendri Pitoy untuk kedua kalinya.

Koordinasi yang lemah di sektor pertahanan Persebaya juga menjadi petaka untuk ketiga kalinya, saat tandukan striker Ferdinand Sinaga yang menyambut umpan M Ridwan membobol gawang tim Bajul Ijo untuk ketiga kalinya pada laga itu.

Namun upaya Persib untuk menghindari gol Persebaya gagal, setelah Kenmogne menaklukan kiper I Made Wirawan pada injury time sehingga kedudukan berakhir dengan skor 1-3 untuk Persib Bandung.

Susunan pemain:
-Persib: Made, Supardi, Jufriyanto, Vujovic, Tony, Konate, Taufiq, Firman, Atep, Tantan, Ferdinand.

-Persebaya: Jendry Pitoy, Hasim Kipuw, Ambrizal, OK Jhon, Vava Mario, Manahati, Zaenal Haq, Ilham, Novri Setiawan, Isaac Puppo, Pacho Kenmogne.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014