Makkah (ANTARA News) - Jamaah haji gelombang kedua mulai pulang ke Tanah Air melalui bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Rabu pagi waktu setempat, setelah  berada di Tanah Suci sekitar 40 hari.

"‎Hari ini mulai pukul 06.30 sampai 08.00 ada pemulangan tiga kloter (kelompok terbang) diberangkatkan dari Madinah ke Jeddah, Alhamdulillah lancar. Nanti sore ada beberapa kloter lagi," kata Kepala Kantor Urusan Haji Daerah Kerja Madinah, Nasrullah Jasam, kepada Media Center Haji Madinah, Rabu.

Jamaah haji yang diberangkatkan ke Jeddah hari ini antara lain dari kloter 36 dan 37 embarkasi Solo dan kloter 11 embarkasi Makassar. 

Besok sejumlah jamaah haji mulai dipulangkan lewat Bandara Madinah. Jamaah gelombang kedua memang ada yang dipulangkan ke Tanah Air melalui bandara di Jeddah dan ada yang melalui bandara di Madinah. 

Sementara jamaah gelombang pertama yang saat ini berada di Makkah, seluruhnya dipulangkan melalui bandara di Jeddah.

Nasrullah mengatakan besok akan lebih banyak lagi jamaah haji gelombang kedua yang akan pulang ke Tanah Air baik melalui bandara di Jeddah maupun Madinah. Jarak antara Madinah ke Jeddah sekitar 5-6 jam sehingga jamaah menggunakan bus jarak jauh yang nyaman. Sementara untuk ke bandara Madinah, jamaah menggunakan bus standar karena hanya perlu waktu sekitar setengah jam dari penginapan.

Jamaah haji gelombang pertama ditempatkan terlebih dahulu di Madinah baru kemudian ke Makkah, sementara jamaah gelombang kedua langsung ditempatkan di Makkah dan setelah ibadah haji baru diberangkatkan ke Madinah.

Jamaah haji berada di Madinah selama sembilan hari antara lain untuk melaksanakan ibadah arbain atau sholat wajib 40 waktu di Masjid Nabawi tanpa putus. Madinah adalah satu dari dua kota suci di Arab Saudi.

Jamaah haji gelombang pertama sendiri sudah pulang ke Tanah Air sejak 9 Oktober, seluruhnya melalui bandara Jeddah. Menurut data Sistem Komputerisasi Terpadu (Siskohat) hingga Rabu 20.45 WIB, jumlah jamaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air sebanyak 75.457 jamaah dari 154.467 jamaah yang berangkat.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014