Jakarta (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) meluncurkan 11 mobil layanan keliling untuk memudahkan pekerja mendapat info, mendaftar, membayar dan ajukan klaim.

Dirut BP Jamsostek, Elvyn G Masassya di Jakarta, Rabu, meluncurkan ke-11 mobil tersebut secara simbolis dengan mengangkat bendera start di kantor badan publik tersebut.

Pada acara tersebut terdapat tujuh mobil bercat putih dan hijau dan kuning, sesuai dengan warna korporat, sementara empat lainnya sudah dikirim keempat kantor wilayah.

Ke-11 mobil tersebut akan diperuntukan bagi 11 Kantor Wilayah PT Jamsostek. Tahun 2013 yang lalu, satu unit mobil mobil keliling telah dioperasikan di wilayah DKI Jakarta.

"Hasil evaluasinya menunjukkan kebutuhan akan unit layanan keliling semacam itu cukup besar. Masyarakat sangat terbantu dalam mendapatkan pelayanan informasi dan pelayanan jaminan yang disediakan," kata Elvyn.

Oleh karena itu, penyediaan mobil serupa diperluas ke wilayah operasional di seluruh Indonesia.

Dalam melaksanakan kegiatannya mobil keliling ini dilakukan dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya sesuai kebutuhan atau ada permintaan dari pihak lain.

Mobil akan diawaki minimal oleh dua karyawan untuk melayani pemberian info, pendaftaran, pembayaran iuran dan pengajuan klaim.

Data Humas BP Jamsostek, pembayaran jaminan dari bulan Januari hingga September 2014, pembayaran Jaminan Hari Tua sebesar Rp8,12 triliun untuk 715.624 kasus, pembayaran Jaminan Kematian sebesar Rp322,5 miliar untuk 15.585 kasus dan pembayaran Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar Rp501,7 miliar untuk 78.608 kasus.

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014