Bandarlampung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung telah mempersiapkan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di tujuh kabupaten/kota di daerah itu pada 2015 mendatang.

"Tujuh kabupaten dan kota itu, yakni Kota Bandarlampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, Waykanan, Pesawaran, dan Lampung Tengah," kata Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan KPU di tujuh kabupaten/kota tersebut untuk mempersiapkan pilkada secara serentak pada Juni 2015 mendatang.

Menurutnya, pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota dengan pemilihan langsung tersebut dilakukan mengingat masa jabatan kepala daerah akan berakhir hampir bersamaan antara Mei--Juni 2015.

"Kecuali Kabupaten Lampung Tengah yang masa jabatan kepala daerahnya akan berakhir lebih lama sekitar tiga bulan," kata Nanang.

Namun demikian menurutnya, pemilihan kepala daerah secara langsung itu berdasarkan hasil rapat pimpinan seluruh komosioner KPU se-Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Nanang mengatakan bahwa sebanyak 267 daerah di Indonesia akan melaksanakan pilkada pada 2015 mendatang.

KPU Lampung, lanjutnya, telah menginstruksikan pula untuk mempersiapkan anggaran, logistik termasuk sumber daya pendukungnya. Sedangkan rapat koordinasi terkait pelaksanaan pilkada tersebut dilakukan sejak Oktober 2014.

Sebelum melakukan tahajapn pilkada, Nanang menambahkan, KPU Lampung akan melakukan seleksi calon komisioner KPU kabupaten/kota, yang masa jabatannya berakhir pada pertengahan November 2014 mendatang.

(AH*A054)



Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014