...masyarakat diharapkan untuk terus peduli meningkatkan ketahanan serta kesiapsiagaan mereka terhadap bencana...
Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka Peringatan Hari Pengurangan Risiko Bencana (Disaster Risk Reduction Day), 13 Oktober, Palang Merah Indonesia (PMI) telah meluncurkan aplikasi kesiapsiagaan bencana bernama Mass Rapid Assesment (MRA).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PMI Pusat, Anggun Permana Sidiq, di Jakarta, Kamis, mengatakan aplikasi berbasis Android ini dibuat untuk membantu meningkatkan ketahanan serta kapasitas masyarakat dalam hal kesiapsiagaan bencana maupun saat terjadi bencana.

"Melalui aplikasi MRA, masyarakat dilibatkan untuk dapat memberikan informasi terkini tentang kejadian atau bencana yang terjadi di wilayahnya secara cepat," katanya.

Dia menjelaskan informasi masyarakat ini akan sangat membantu sesamanya dan PMI dalam mendata hal yang terjadi, misalnya bentuk bencana, lokasi kejadian, jumlah korban, bantuan yang diperlukan dan sebagainya.

"Masyarakat dapat mengunduh aplikasi kesiapsiagaan bencana MRA ini melalui Google Play dengan link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ecc.dma," ujarnya.

Namun, Anggun menuturkan dari tiga aplikasi yang rencananya akan dibuat, baru satu yang telah siap dan sudah didaftarkan pada Google Play, sedangkan yang dua lagi masih dalam tahap penyelesaian.

Dia menambahkan pemanfaatan teknologi melalui ketiga aplikasi ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk ikut peduli dengan bencana sebagai sebuah permasalahan bersama.

"Selain itu melalui aplikasi ini juga masyarakat diharapkan untuk terus peduli meningkatkan ketahanan serta kesiapsiagaan mereka terhadap bencana," tandasnya.
(SDP-74)


Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014