Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pebalap nasional dijadwalkan unjuk kemampuan pada kejuaraan Sinar Mas Land Criterium dan Team Time Trial (TTT) memperebutkan Piala Ketua KONI Pusat di lintasan balap Grand Wisata Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/10).

Ketua panitia kejuaraan, Ary Gunari di Jakarta, Kamis mengatakan, pebalap nasional yang akan turun pada kejuaraan yang diprakarsai oleh Forum Penggemar Sepeda Jakarta (FPSJ) berasal dari beberapa klub di Indonesia.

Pebalap nasional itu, kata Ary Gunari,nantinya akan turun di nomor kriterium dengan jarak tempuh 45,1 kilometer yang terbagi atas 41 putaran dan dibeberapa putaran terdapat intermediate sprint dimana poin ditempatkan.

Pada setiap intermediate sprint, pebalap yang menempati posisi berurutan dari depan akan mendapatkan poin 5, 4, 3, 2, 1 dan pebalap yang mampu mengumpulkan poin terbanyak akan dinobatkan sebagai pemenang.

"Pegasus, tim dari Jawa Tengah dan Jawa Barat akan berpartisipasi pada kejuaraan ini. Kejuaraan ini juga sebagai ajang ujicoba bagi pebalap-pebalap nasional," katanya menambahkan.

Jika tim Pegasus Cycling Team benar-benar turun pada kejuaraan yang digelar di kawasan perumahan itu bisa dipastikan pebalap nasional yang telah punya nama besar seperti Rastra Patria, Tonton Susanto maupun Arin Iswana akan unjuk kemampuan.

Selain akan mempertandingkan nomor kriterium, kejuaraan ke-11 yang didukung oleh FPSJ ini juga akan mempertandingkan nomor TTT. Hanya saja untuk pesertanya bukan dari pebalap nasional melainkan dari komunitas.

Ary menegaskan, untuk nomor TTT akan diikuti oleh 32 tim dari 18 klub yang tersebar diwilayah Jabodetabek. Pada nomor TTT akan menempuh jarak 15 kilometer. Adapun setiap tim akan diperkuat delapan pebalap.

Sementara itu perwakilan KONI Pusat, Dasril Anwar mengatakan, kejuaraan balap sepeda memperebutkan Piala Ketua Umum KONI Pusat ini merupakan yang kedua kalinya. Dengan memberikan dukungan ini pihaknya berharap bisa memunculkan pebalap potensial.

"Kami berharap kejuaraan ini bisa dimanfaatkan oleh pebalap muda untuk menunjukkan prestasinya. Semoga muncul pebalap potensial dari kejuaraan ini," katanya.

Menurut dia, dengan banyaknya kejuaraan diharapkan juga bisa menjadi media bagi pebalap Indonesia untuk menempa diri sebelum turun pada beberapa kejuaraan yang telah terjadwal seperti SEA Games 2015 dan Asian Games 2018.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014