Bahasa yang dianggap prestisius untuk sekarang ini, selain Bahasa Indonesia baku, ada bahasa yang berkembang dengan pesat yaitu Bahasa Indonesia Jakarta,"
Jakarta (ANTARA News) - Pakar linguistik dari Universitas Indonesia (UI) Bernadette Kushartanti mengatakan Bahasa Indonesia memiliki berbagai variasi, yang salah satunya adalah Bahasa Indonesia Jakarta yang saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

"Bahasa yang dianggap prestisius untuk sekarang ini, selain Bahasa Indonesia baku, ada bahasa yang berkembang dengan pesat yaitu Bahasa Indonesia Jakarta," katanya dalam Seminar bertajuk "Bahasa dan Remaja" di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Depok, Kamis.

Menurut Kushartanti, Bahasa Indonesia Jakarta merupakan salah satu variasi Bahasa Indonesia baku yang berasal dari bahasa pergaulan remaja Jabodetabek.

Beberapa ciri khas dari variasi bahasa tersebut biasanya mendapatkan imbuhan "-in" dan awalan "nge-".

"Misalnya singkirkan menjadi singkirin dan menjawab menjadi ngejawab. Itu beberapa ciri Bahasa Indonesia Jakarta," kata Staf Pengajar Program Studi Indonesia FIB UI tersebut.

Bahasa Indonesia Jakarta, menurut Kushartanti, berkembang pesat karena sudah mulai digunakan di kota lain seperti Bandung, Medan dan Yogyakarta.

"Remaja cenderung dominan menggunakan Bahasa Indonesia Jakarta. Dampaknya adalah penggunaan Bahasa Indonesia untuk kegiatan formal mengalami penurunan, seperti untuk interaksi antara guru dan murid di sekolah misalnya," kata lulusan Universitas Utrecht, Belanda itu.

Pakar linguistik dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Ganjar Harimansyah Wijaya juga sependapat dengan perkembangan variasi Bahasa Indonesia di kalangan remaja.

"Bahasa Indonesia Jakarta dapat disamakan dengan bahasa gaul zaman sekarang, dan bahasa gaul selalu lekat dengan remaja. Bahasa remaja mencermikan kreasi suatu generasi," kata Ganjar.

Seminar bertajuk "Bahasa dan Remaja" merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Sastra yang diselenggarakan oleh FIB UI untuk memeriahkan Bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa. Seminar tersebut membahas mengenai kaitan antara bahasa dan remaja sebagai tahapan kehidupan manusia sehingga muncul ragam bahasa pada sebuah zaman.
(SDP-89/A011)

Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014