Padang (ANTARA News) - Persatuan Seniman Komedi Indonesia (Paski) Sumatera Barat mencari talenta grup lawak untuk melestarikan seni komedi di propinsi itu.

"Kita akan menggelar Lomba Lawak antargrup bertajuk Paski Tawa untuk diikutkan dalam lomba serupa di tingkat nasional, agar muncul grup baru yang eksis dari Sumbar," kata Pengurus Daerah Paski Sumbar, Afma Tampan di Padang, Kamis.

Menurut dia, kini perkembangan seni lawak di Sumbar sangat lamban, dibuktikan dengan tidak munculnya grup lawak baru kecuali pelawak perorangan.

Selain itu, kata Afma, pelawak Sumbar juga sulit untuk tampil di kancah nasional dan hanya eksis melalui stasiun radio dan televisi daerah.

Karena itu, para juara di Sumbar ini akan dipersiapkan untuk mengikuti Paski Tawa Nasional di Jakarta.

Lomba yang akan digelar pada 26 hingga 28 November 2014 itu sekaligus diisi dengan Musyawarah Daerah (Musda) guna memilih pengurus tetap Paski Sumbar.

Ia menjelaskan, untuk lomba bersifat terbuka untuk umum dengan syarat lama penampilan maksimal 10 menit oleh anggota grup yang beranggotakan minimal dua orang. Sedangkan untuk materi lawakan bebas, namun harus beretika dan lucu serta boleh memakai alat peraga atau berkolaborasi dengan alat musik.

Dikatakannya, di samping mendapatkan "tiket" ke Jakarta, pemenang grup juga akan dihadiahi uang tunai Rp10 juta.

Peserta dapat mendaftar hingga 25 November 2014 ke Radio Sushi FM di kawasan GOR Agus Salim Padang, dengan membayar uang pendaftaran Rp100 ribu per grup, katanya. (*)

Pewarta: Siri Antoni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014