Alhamdulillah kehadiran kami di festival internasional di Mesir ini menambah panjang daftar pementasan di manca negara..."
Kairo (ANTARA News) - Wawan Gunawan atau yang lebih dikenal dengan Ki Wawan Ajen menyatakan rasa bangganya karena telah melakukan pementasan Wayang Ajen di 47 negara.

"Alhamdulillah kehadiran kami di festival internasional di Mesir ini menambah panjang daftar pementasan di manca negara yang sudah mencapai 47 negara," kata Ketua Rombongan Kesenian Indonesia, Ki Wawan Gunawan Ajen kepada ANTARA di Kairo, Kamis malam.

Wawan dan timnya yang beranggotakan enam orang memukau penonton di Mesir dalam pentas Wayang Ajen di ajang perhelatan internasional, "The International Festival Alexandria for Puppets 2014" di Alexandria, Mesir, selama sepekan pada 19-25 Oktober 2014.

"Ini merupakan bagian dari misi diplomasi budaya Indonesia untuk memperkenalkan keragaman budaya Nusantara di manca negara," kata Wawan yang juga merupakan dalang, sutradara, sekaligus penulis skenario.

Wawan menampilkan Wayang Ajen Sufi selama 60 menit pada Rabu (22/10) malam dengan lakon "The Dead of Rahwana: Membasmi Angkara Murka".

Selain Indonesia, sejumlah negara juga ambil bagian dalam festival tersebut mencakup Teatro de Munecos & Titirom Colombia, Finger and Thumb Show Inggris, Bajkamela Theatre Serbia, Teatro Los Claveles Spanyol, Irak, Mesir, Libanon, Yordania, dan Arab Saudi.

Wawan menambahkan, kehadiran sejumlah negara peserta menjadikan penampilan Wayang Ajen sebagai sarana untuk mempromosikan Indonesia.

Amir Syarifuddin, salah seorang warga negara Indonesia yang menyaksikan pertunjukan Wawan Ajen tersebut mengungkapkan, penonton menyambut hangat yang ditandai dengan tepuk tangan membahana.

"Wayang Ajen tampil kedua setelah tim kesenian dari Arab Saudi yang tampak biasa-biasa saja. Tapi begitu Wayang Ajen muncul dengan iringan musik Shalawat Badar, semua penoton pun tepuk tangan sambil berdiri," tutur Amir.

Menurut Wawan, penampilannya di Mesir ini merupakan negara ke-47 sejak penampilan perdana di Spanyol tahun 2000 silam.

Negara-negara yang pernah Wawan diundang untuk pementasan Wayang Ajen, antara lain, Prancis, Italia, Belanda, Yunani, Argentina, India, Rusia, Brazil, Hungaria, Ceko dan Bulgaria.

Setiap negara, penampilan Wayang Ajen menyesuaikannya dengan situasi setempat yang sanggup menembus ruang dan waktu untuk mewarnai peradaban dunia.

Wawan mencontohkan, penampilan Wayang Ajen Sufi di Alexandria ini menampilkan kisah-kisah dan musik pengiring bernuansa spiritualitas Islam yang universal.

"Kami pilih mementaskan lakon ini sebagai penjabaran dari tema festival, yakni mewujudkan persahabatan dunia melalui seni pertunjukan wayang," katanya.

Wawan juga memenuhi permintaan masyarakat Indonesia di Negeri Seribu Menara itu untuk pentas khusus di KBRI Kairo pada Kamis (23/10) malam.

Wawan tak luput menyampaikan terima kasih kepada KBRI Kairo atas bantuannya, begitu pula Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi, yang memberi dukungan berupa bantuan biaya tiket pesawat.  (*)

Pewarta: Munawar S Makyanie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014