Jakarta (ANTARA News) - Ban premium Michelin Pilot Sport 2 dan Latitude Sport 3 dipilih menjadi ban bawaan mobil Porsche GT3, Macan, dan 918 Spyder. Apa alasannya, berikut penuturan Product Marketing Michelin Indonesia Alfons Abikaryo.

Setiap jenis mobil  memiliki penempatan mesin yang berbeda sehingga distribusi bebannya pun beragam.

"Ban mobil dirancang berdasarkan konstruksi mobil tersebut. Ban Michelin didesain mengikuti mobil Porsche sehingga menghadirkan performa sebaik mungkin," kata Alfons.

Dia menjelaskan,  Pilot Sport 2 dan Latitude Sport 3 memiliki kode awal N diikuti angka, yang berarti ban tersebut dirancang bersama Porsche dan telah memenuhi persyaratan.

"Tidak disarankan mencampur ban N dengan non-N atau dengan N yang berbeda," kata Alfons saat ditemui di acara Porsche Sport Driving School di Sentul, Jawa Barat.

Menurut dia, bila ban tidak sesuai dengan spesifikasi mobil, handling characteristic akan sangat terasa di jalan basah atau tikungan.

"Kendaraan bisa oversteer atau understeer," jelasnya.

Ia juga menyarankan pengguna Porsche untuk menggunakan ban berkode N karena di dalam mobil terdapat sistem elektronik yang berhubungan dengan sensor di ban.

"Kalau tidak sesuai, pembacaan tidak baik di sensor kendaraan tersebut," katanya.

Managing Director Porsche Indonesia Christoph Choi mengatakan ketepatan pemilihan ban merupakan hal mendasar untuk mobil super premium.

"Unsur keselamatan dan kenyamanan merupakan prioritas utama kami,"  kata Choi.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014