Jakarta (ANTARA News) - Biker petualang asal Manado, Mario Iroth, berhasil menempuh perjalanan sejauh 14.000 Km menjelajah bumi Indonesia Tengah dan Timur.

Hobi "touring" tersebut berbuah perjalanan "Wheel Story".

Wheel story merupakan sebuah misi perjalanan sejauh 14.000 Km dengan sepeda motor untuk menyingkap keindahan budayaIndonesia.

Ia pun menuturkan misi pribadi di balik Wheel Story yaitu menyalurkan bantuan Yayasan Taman Bacaan Pelangi.

Mario menggunakan sepeda motor Phyton dari pabrikan Benelli asal Italia.

"Selama perjalanan, mesin 200 cc dari Phyton stabil, akselerasi tangguh, tanjakan dengan medan cukup sulit dapat dilibas," kata Mario saat jumpa pers di dealer Benelli Motor Indonesia, Jakarta, Jumat (24/10).

Mario mengatakan motor dengan torsi maksimal 14 Nm/6.000rpm dan kapasitas tanki BBM 12 liter tersebut tidak pernah bermasalah selama perjalanannya.

Ia sendirian mulai menjelajah Indonesia Tengah dan Timur sejak 1 Juli 2014 lalu dengan mengambil garis start di kota Makasar dengan rute Maluku Utara, Papua Nugini, Maluku Tenggara,Kepulauan Tanimbar, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat,Timor Leste, Flores, Bali dan finish di Jakarta pada 24 Oktober 2014.

Pria kelahiran Tomohon 27 tahun silam itu menuturkan, kondisi medan berat khususnya di kawasan Sulawesi Tenggara dengan medan terjal dan kubangan air yang dalam sempat membuatnya merasa kesulitan untuk mengatasinya.

"Kita harus pintar memilih jalur, jika salah motor akan selip, tapi Benneli Phyton berhasil melaluinya," katanya.

Mario bersama Phyton-nya menyeberang lautan sebanyak 24 kali dan empat kali naik pesawat untuk menjangkau daerah yang belum bisa diakses dengan jalur darat.

"Sewaktu di pedalaman Papua, sempat kesulitan bahan bakar, kadang-kadang harganya Rp30.000/liter," ungkapnya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014