... menggunakan penghitungan pengunjung unik berpusat pada orang, sebagai negasi dari penghitungan browser unik berbasis cookie yang digunakan oleh sebagian besar layanan analisis web... "
Jakarta (ANTARA News) - comScore, perusahaan analis media digital menempatkan berniaga.com pada peringkat pertama untuk situs jual-beli, diikuti situs olx.co.id pada peringkat kedua berdasarkan data yang dirilis September 2014.

Di balik kenyataan itu, diperkirakan angka transaksi belanja berbasis jaringan (online) Indonesia pada 2016 mencapai Rp295 triliun dari Rp94,5 triliun pada 2013.

Nukman Luthfie, pengamat digital mengutip data ComScore, mengatakan, Sabtu, terdapat 4,469,000 pengunjung unik (unique visitors) berniaga.com pada Juli 2014 yang mencapai 20,5 persen dari keseluruhan pengunjung (21,769,000 pengunjung).

Menurut dia, terdapat banyak pemain dalam industri e-commerce di Indonesia yang dapat dikategorikan menurut bisnis mereka seperti forum online dan situs iklan baris (classifieds), situs bisnis untuk konsumen (B2C), marketplace konsumen untuk konsumen (C2C), dan sebagainya.

"Untuk bulan Juli 2014, comScore mengkofirmasisitus berniaga.com mendapat total pengunjung unik lebih banyak dari situs iklan baris (classifieds) lainnya di Indonesia.

Bahkan jika dibandingkan dengan situs ritel, di antaranya Lazada atau Zalora, situs-situs iklan baris (berniaga.com dan olx.co.id) masih mendapat lebih banyak pengunjung unik," kata Nukman.

Pada bulan Juli 2014, menurut data comScore, terdapat 4.002.000 pengunjung unik yang mengunjungi olx.co.id (18.4 persen), 2.722.000 pengunjung unik yang mengunjungi lazada.co.id (12.5 persen) dan 1.231.000 pengunjung unik yang mengunjungi zalora.co.id (5.7 persen).

Dia menjelaskan penghitungan data comScore lebih akurat karena mereka menggunakan penghitungan pengunjung unik berpusat pada orang, sebagai negasi dari penghitungan browser unik berbasis cookie yang digunakan oleh sebagian besar layanan analisis web.

Pengunjung unik mengacu pada jumlah individu yang berbeda yang mengunjungi isi dari satu situs web, selama periode pelaporan yang dipilih. Pengunjung unik dihitung hanya sekali walaupun mereka mengunjungi situs tersebut berkali-kali.

Pada bulan Juli 2014, 6.677.000 pengunjung unik mengunjungi situs iklan baris (classifieds) dimana datanya didasarkan pada pengunjung berusia enam tahun ke atas.

Berniaga.com berhasil mendapatkan setidaknya 66,93 persen dari total pengunjung unik situs iklan baris. Dalam hal frekuensi, berniaga.com mampu mendapatkan 10,8 juta kunjungan yang diterjemahkan menjadi rata-rata 2,4 kali kunjungan per pengunjung.

Transaksi belanja online di Indonesia sedang meningkat. Menurut penelitian yang diprakarsai Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres) pada Januari 2014, nilai pasar dari e-commerce di Indonesia mencapai Rp94,5 triliun pada 2013.

Sedangkan pada 2016 diprediksi akan meningkat tiga kali lipat mencapai Rp295 triliun.

Sedangkan menurut laporan e-commerce dari Nielsen yang dirilis pada September 2014, konsumen Indonesia mulai menyukai belanja online untuk membeli barang dan jasa. Konsumen digital di Indonesia menikmati berbelanja secara online sejalan pertumbuhan kepemilikan perangkat bergerak terkoneksi.

Munculnya berniaga.com sebagai situs jual-beli nomor 1 di Indonesia menunjukkan, berniaga.com memiliki kinerja yang kuat dan saat ini telah sukses menantang dominasi pemimpin pasar situs jual-beli sebelumnya di Indonesia.

"Ini mungkin juga dipengaruhi komunikasi merek mereka yang kuat melalui TVC terbaru, semisal Yo Berniaga, dan kampanye pemasaran yang terintegrasi serta tentunya dukungan yang kuat dari perusahaan induknya, 701Search," kata dia.

Pewarta: Ganet
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014