Buku dari berbagai bidang ilmu bisa diakses di lantai dua dan tiga, dan setiap lantai mampu menampung hingga 1.000 pembaca
Pekanbaru (ANTARA News) - Perpustakaan Soeman HS, di Pekanbaru, bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan karena menawarkan beragam fasilitas edukatif yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

"Beragam fasilitas bisa dimanfaatkan pengunjung di Perpustakaan Soeman HS, di antaranya Cyber Corner, Children's Library, Student Library, Public Library, bilik budaya melayu, Internet Wi-Fi di setiap sudut serta kantin, kafe, dan banyak lagi," kata pustakawan Soeman HS, Samiyarti, di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menambahkan perpustakaan Soeman HS memiliki enam lantai; buku tersedia terletak di lantai dua dan tiga. Setiap lantai menampung hingga seribu pembaca.

Jika pada hari biasa, tak kurang dari 1.000 pengunjung datang ke perpustakaan tersebut, namun pada akhir pekan pengunjung bisa mencapai 2.000.

"Buku dari berbagai bidang ilmu bisa diakses di lantai dua dan tiga, dan setiap lantai mampu menampung hingga 1.000 pembaca. Untuk hari biasa pengunjung mencapai seribu orang dan pada akhir pekan mencapai 2.000 orang," jelas Hendra.

Salah seorang pengunjung, Aditya Fahmi (19), mengatakan ia sering berkunjung ke perpustakaan guna mencari literatur untuk tugas tugas kuliahnya. Ia juga mengatakan ia pergi ke perpustakaan tidak hanya untuk menyelesaikan tugas kampus, namun sering kali ke perpustakaan untuk berkumpul dan berdiskusi dengan teman- temannya.

"Saya sering ke perpustakaan untuk mencari literatur dari tugas kuliah. Tapi saya juga sering ke sini, bahkan hampir setiap akhir pekan saya ke sini hanya sekedar kumpul dan berbagi bersama teman," kata Adit, salah seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri di Pekanbaru.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Ayu Lestari (21), dia sering menghabiskan waktu di perpustakaan pada akhir pekan. Tidak hanya untuk membaca, tapi juga sering berkumpul bersama teman-teman.

Ia merasa berada di Soeman HS sangat nyaman, bahkan serasa seperti di hotel bintang lima. Semua sudut tampak sangat bersih dan berkelas.

"Buku buku yang tersedia sangat lengkap, tersedia juga wifi gratis. Tempatnya sangat nyaman dan dingin, daripada menghabiskan akhir pekan di Mall, saya lebih memilih di Perpustakaan Soeman HS," jelas Ayu.

Perpustakaan Soeman HS merupakan perpustakaan termegah di Indonesia, bangunannya yang mewah dan berarsitektur modern tropis menyerupai rehal (bangku kecil alas untuk membaca Al Quran).

Sekilas gedung tersebut tampak seperti buku yang terbuka. Pembangunan gedung ini bertujuan untuk menjadi ikon kebangkitan Dunia pendidikan Riau.

(KR-AZK)



Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014