Jakarta (ANTARA News) - Ratusan warga di kawasan Jakarta Timur, Sabtu pagi, menggelar pawai dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah.

Warga, baik orang tua, pemuda, dan anak-anak mengenakan seragam putih sambil membawa rebana, berkumpul di depan Masjid Nurul Huda Cipinang.

Pawai dilakukan dengan berjalan kaki, dan sebagian mengendarai kendaraan roda empat maupun roda dua melintas di jalan arteri Jarinegara.

Mereka dikawal aparat polisi dan Dinas Perhubungan agar lalu lintas tetap tertib selama pelaksanaan pawai.

Pawai memeriahkan Tahun Baru Islam itu juga dilakukan beberapa sekolah seperti keluarga besar Ar Rizqi yang berjalan kaki di sepanjang jalan Pemuda Jakarta Timur.

Meski pawai berlangsung di sejumlah jalan raya, namun tidak menyebabkan kemacetan karena peringatan Tahun Baru Islam bertepatan dengan hari libur.

Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram secara beras-besaran akan dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (26/10).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengajak seluruh umat Islam untuk menghadiri dan memeriahkan perayaan tersebut.

Din mengatakan, perayaan Tahun Baru Islam ini untuk menjadi pembuktian kebesaran umat Islam di Indonesia.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014