Washington (ANTARA News) - Penyanyi dan aktivis Inggris, Elton John, melalui yayasannya bersama sejumlah organisasi Pemerintah Amerika Serikat (AS) membangun kemitraan baru senilai tujuh juta dolar AS untuk masyarakat menghadapi sindroma merapuhnya kekebalan tubuh (AIDS).

Elton John bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Departemen Luar Negeri, di mana keduanya mengumumkan proyek bersama untuk memperluas akses layanan perawatan penderita terjangkit virus perapuh kekebalan tubuh (HIV) bagi homoseksual dan transgender di Afrika.

Program baru penanggulangan AIDS yang disebut kesehatan bagi pria (Health4Men) itu melibatkan program Rencana Darurat Presiden AS untuk Penanganan AIDS (PEPFAR) dan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) yang memusatkan program baru di wilayah Afrika Selatan sebagai sasaran pertama, demikian laporan Reuters.

Program itu, menurut Elton John, merupakan "mimpi yang menjadi kenyataan" karena dirinya dapat menggabungkan upaya yang dilakukan yayasannya didukung Pemerintah AS.

"Kita harus hidup di dunia yang bebas AIDS, dan setiap orang, tidak peduli siapa yang mereka cintai, siapa diri mereka, seharusnya memiliki hak untuk bebas dari AIDS," kata musisi yang sejak lama secara terbuka menyatakan dirinya homoseksual itu.

Ia menimpali, "Saya kira kami akan melakukan pekerjaan yang besar, dan ada lebih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan, tetapi hal ini adalah awal yang baik."

John Kerry pun berterima kasih kepada Elton John untuk kepemimpinannya, dan memuji yayasan yang dinilainya telah "membawa harapan dan membantu banyak orang". (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014